Pemkab Pangkep Terus Tekan Angka Stunting

  • Bagikan

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Pemkab Pangkep, menggelar rapat koordinasi akselerasi tim penurunan angka stunting untuk mencari jalan keluar agar penurunan stunting lebih baik. 

Rakor dipimpin Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana dihadiri kepala Perwakilan BKKBN provinsi Sulsel Shodiqin, Asisten, TNI, Polri, Kepala OPD dan Camat yang berlangsung di ruangan Rapat Wakil Bupati(Selasa/21/05/2024).

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana  berharap rapat koordinasai ini menjadi wadah baik untuk berdiskusi dan berbagi informasi terkait penurunan stunting. 

"Dalam rangka percepatan Penurunan Stunting saya berharap rapat koordinasi ini dapat menjadi wadah yang baik untuk berdiskusi dan berbagi pengalamanan serta informasi terkait penurunan stunting di daerah kita," katanya. 

Wakil Bupati dua periode tersebut juga mengajak semua pihak masyarakat maupun lembaga untuk bergotong royong dalam penurunan stunting ke angka 14%. 

"Saya juga mengajak peran serta semua pihak baik masyarakat maupun lembaga untuk bergotong royong dalam penanganan

Maupun pencegahan  stunting di kabupaten yang kita cintai Sehingga kita dapat berkontribusi secara optimal dalam mencapai target nasional penurunan stunting di angka 14%",tutupnya.

Kepala dinas DP2KB P3A Pangkep, dr Nurlia Sanusi menjelaskan, Tahun 2023, angka stunting mencapai 34,2℅. Tahun ini, Berdasarkan hasil survey kesehatan Indonesia, turun menjadi 30%.

"Tapi kita tidak berbangga hati dengan hasil ini. Karena masih jauh dari target nasional, Bapak Presiden menargetkan tahun ini,  seharusnya berada di angka 14℅. Menjadi keras bersama dan kolaborasi OPD,  lintas sektor dan kebijakan pimpinan, " katanya. 

Sejumlah program dijalankan pemkab Pangkep untuk menurunkan angka stunting. Termasuk pemberian makanan tambahan, intervensi OPD melakukan pencegahan agar stunting

Khusus Dinas DP2KB P3A, melakukan pendampingan kepada orang beresiko. Calon pengantin, ibu hamil, Baduta dan Balita. 

"Inilah yang kami dampingi, ada tim pendaping keluarga dan ada kader Dahsyat. Jika ini berjalan lancar, semoga tidak ada lagi penambahan stunting, " katanya. (Atho)

  • Bagikan