PLN UP Bakaru Parepare Bersinergi Pemkab Pinrang dalam Mendukung Rehabilitasi Lahan di DAS

  • Bagikan


PAREPARE, RAKYATSULSEL - Langkah demi langkah dilakukan oleh PLN Nusantara Power UP Bakaru dalam upaya rehabilitasi lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pada kesempatan kali ini Manager UPDK Bakaru Yan Suprayogi bersilaturahmi sekaligus mendiskusikan terkait kondisi PLTA Bakaru, di Ruang Rapat Kerja Pj. Bupati Pinrang H. Ahmad Akil.

Dalam Silaturahmi tersebut Manager UPDK Bakaru Yan Suprayogi mengungkapkan, Laju sedimentasi saat ini di DAS mamasa sangat tinggi, sehingga mengakibatkan pendangkalan di waduk PLTA Bakaru.

Hal ini, lanjut dia mengancam keberlangsungan operasional PLTA Bakaru jika tidak ada upaya dari semua pihak untuk mengatasi hal tersebut.

"Upaya korektif dari PLTA Bakaru telah dilakukan dalam beberap tahun terakhir dengan melakukan pengerukan di waduk PLTA Bakaru namun dibutuhkan upaya upaya pelesterian di DAS Mamasa sebagai langkah strategis untuk mengembalikan fungsi DAS, " ungkap Yan Suprayogi.

Perubahan tata guna lahan sambungny, ditengarai menjadi salah penyebab tingginya laju sedimentasi disampaing itu hali ini juga berisiko menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor.

"Oleh karena itu, kami PLN Nusantara Power UPDK Bakaru membutuhkan dukungan dari pemerintah kabupaten Pinrang untuk bersinergi melakukan rehabilitasi lahan pada Daerah Aliran Sungai Mamasa, " harapnya.

Sementara Bupati Pinrang, H Ahmad Akil mengatakan, Negara saat ini mengarahkan untuk bagaiman membangun industri hijau dalam rangka upaya mengatasi krisis iklim dan mencapai net zero emisi.

"PLTA bakaru merupakan pembangkit energi baru terbarukan dan ramah lingkungan jadi suatu keharusan bgmn kita harus melakukan upaya-upaya pelesterian lingkungan khususnya di DAS Mamasa guna keberlangsungan PLTA Bakaru", ujar H. Ahmad Akil.

Menurut Ahmad Akil, Terjalinnya kerjasama dan sinergi PLN bersama pemerintah kabupaten pinrang, sebagai bentuk komitmen PLN Nusantara Power untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi daerah aliran sungai. sehingga daya dukung, produktivitas dan perannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.(Yanti)

  • Bagikan

Exit mobile version