NasDem Tentukan Paket Kader, Begini Kata Pengamat

  • Bagikan
Ilustrasi

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Sukri Tamma, mengatakan bahwa penentuan paket oleh partai politik memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungannya adalah masyarakat bisa menilai jagoan NasDem lebih awal, dan mereka juga bisa melakukan sosialisasi lebih cepat.

“Sejak awal, NasDem bisa mengukur respon masyarakat terhadap satu paket pasangan calon. Namun, ini belum final karena yang final itu setelah mendaftar ke KPU. Tapi ini langkah maju karena partai-partai lain belum menentukan siapa yang akan mereka dukung,” katanya.

Prof. Sukri juga menyebutkan bahwa usungan NasDem bisa menjadi daya tarik bagi partai politik lain. “NasDem bisa mengusung sendiri dan itu posisinya lebih bagus, karena calon itu bisa melakukan sosialisasi lebih awal dan partai-partai lain juga akan melihat, apakah itu menjadi daya tarik sehingga partai lain bisa bergabung,” lanjutnya.

Namun, ia juga menambahkan bahwa paket awal ini bisa saja berubah menjelang pendaftaran ke KPU, tergantung hasil survei dan pertimbangan lainnya.

“Bisa jadi berubah ketika NasDem melihat respon masyarakat, dan NasDem tidak bisa pertahankan karena ada hal lain, karena ada kandidat lain yang lebih potensial jelang pendaftaran,” jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan

Exit mobile version