Romantisme Legenda Sawerigading di Pentas Seni XV AKSARA FIP UNM

  • Bagikan
Pentas Seni AKSARA FIP UNM ke-15

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Biro Kerja Mahasiswa Fakultas (BKMF) Apresiasi Komunitas Seni dan Sastra (AKSARA) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menggelar pentas seni Milad XV dengan tema "Sawerigading Mattajeng Ri Pappoji e". Acara ini berlangsung di Lapangan FIP UNM, Jumat (24/5/2024) malam.

Ketua Panitia Milad XV AKSARA FIP UNM, Norman Albani, menyampaikan bahwa proses penggarapan pementasan tersebut berlangsung selama empat bulan.

"Kami mulai melaksanakan riset dan tahap penggarapan pada awal Februari 2024," tuturnya.

Sebanyak 17 calon warga yang merupakan mahasiswa semester dua angkatan tahun 2022-2023 serta lintas angkatan AKSARA ikut serta dalam pementasan ini.

Ketua AKSARA FIP UNM, Risma Tangke Allo, menambahkan bahwa pentas karya Milad AKSARA adalah kegiatan tahunan yang juga berfungsi sebagai bagian dari rangkaian perekrutan anggota baru.

"Calon warga ini adalah calon anggota baru," ujar Risma.

Tema milad tahun ini, menurutnya, mengangkat cerita rakyat yang melegenda di tanah Luwu dan berbagai belahan dunia lainnya, yaitu tentang romantisme seorang kesatria dari Luwu, Sawerigading.

Cerita tersebut mengisahkan prahara cinta Sawerigading yang dimulai ketika ia mengetahui bahwa tenri abeng, pujaan hatinya, adalah saudaranya sendiri.

  • Bagikan

Exit mobile version