3 Bahan yang Terkandung dalam Sabun Muka Bisa Membantu Menghilangkan Bau Ketiak

  • Bagikan
Hindari merokok atau sering menyantap daging merah agar badan tidak bau. (Thinkstock/ATIC12)

RAKYATSULSEL - Masalah bau ketiak tidak hanya dialami oleh pria, tapi juga perempuan. Reaksi bakteri kulit dengan keringat menjadi penyebab bau tersebut, yang bisa diperparah oleh obesitas atau faktor makanan.

Mandi adalah langkah untuk mencegah atau menghilangkan bau badan. Selain itu, penggunaan deodorant juga menjadi cara populer untuk mengatasi bau ketiak.

Meski deodorant sering dipilih karena penggunaannya yang mudah, masalah yang lebih serius mungkin memerlukan penanganan tambahan.

Menurut Ahli yang dilansir dari Sasily Skin, bau ketiak bisa dihilangkan dengan sabun muka. Sabun muka dapat menghilangkan bau ketiak karena mengandung bahan-bahan tertentu yang ramah untuk kulit ketiak.

Perlu diketahui tidak semua sabun muka ampuh untuk mengatasi bau badan, oleh karena itu penting untuk memilih sabun wajah yang bisa mengatasi masalah bau tak sedap pada tubuh.

Sabun Muka yang Ampuh Atasi Bau Ketiak

Ada beberapa bahan yang terkandung dalam sabun muka yang umumnya efektif bisa membantu mengendalikan aroma tak sedap pada ketiak seperti berikut ini.

1. Benzoyl Peroxide

Benzoil Peroksida dapat membantu mengatasi ketiak dan bau badan dengan cara membunuh bakteri penyebabnya, mengelupas kulit, dan membersihkan pori-pori. Perawatan ini dapat meningkatkan kulit yang lebih halus, mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan, dan mencegah jerawat atau kulit berminyak.

Penggunaan gel 2,5 persen direkomendasikan untuk ketiak, dan perlu diaplikasikan dengan hati-hati karena kulit di area tersebut cenderung lebih sensitif. Selain itu, sabun benzoil peroksida juga bisa digunakan saat mandi untuk hasil yang lebih baik.

2. Asam salisilat

Bahan ini dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi kemungkinan infeksi bakteri, sehingga dapat membantu mengendalikan bau ketiak.

Konsentrasi asam salisilat yang paling aman untuk digunakan setiap hari pada ketiak Anda adalah 0,5 – 5 persen. Anda akan dapat menemukan konsentrasi rendah asam salisilat dalam sabun muka atau toner.

3. Glycolic Acid

Asam glikolat membantu mengendalikan bau ketiak karena mengurangi bakteri Staphylococcus hominis dan sel-sel kulit mati. Enzim C-Tylase dalam bakteri menyebabkan bau menyengat ketika berkeringat.

Asam glikolat menciptakan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi bakteri untuk berkembang biak pada area ketiak, mengurangi bau tak sedap. Studi ilmiah mendukung klaim bahwa asam glikolat efektif mengurangi bau ketiak.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tidak semua sabun muka efektif untuk menghilangkan bau badan khususnya di area ketiak. Perhatikan komposisi sabun muka Anda, jika terdapat tiga bahan di atas Anda bisa coba trik ini!

Perlu diperhatikan kadar tiap kandungan zat tersebut yang sesuai dengan kulit Anda. Perhatikan juga sensitifitas kulit Anda khususnya area ketiak sehingga terhindar dari iritasi dan masalah kulit lainnya. (jp/raksul)

  • Bagikan

Exit mobile version