Bawaslu Bantaeng Lantik 24 Panwascam Pilkada Serentak 2024

  • Bagikan
Suasana Pelantikan 24 Panwascam Pilkada Serentak 2024 di Aula Lotus Hotel Kirei, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kecamatan Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng melantik anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Bantaeng pada Pemilihan Serentak 2024 di Aula Lotus Hotel Kirei, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kecamatan Bantaeng, Sabtu (25/5).

Sebanyak 24 Panwascam terbagi 8 kecamatan di Kabupaten Bantaeng pada pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Walikota tahun 2024.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Andarias Duma menyampaikan di hadapan Panwascam, agar Panwascam dapat menjawab keraguan dan sorotan terhadap Bawaslu pada pemilu 2024 lalu terkait kerja dan pengawasan dilakukan Bawaslu yang dinilai tidak melakukan penanganan pelanggaran.

Menurutnya, Bawaslu telah bekerja maksimal dan tetap ada sebagai pengawas demokrasi berdasarkan undang-undang. “Mari kita jawab terkait dengan sorotan ini, terkait dengan keraguan ini pada pelaksanaan pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota tanggal 27 November ke depan,” kata dia.

Andarias Duma juga menyampaikan bahwa setiap pelanggaran wajib hukumnya untuk ditangani, baik laporan atau temuan Bawaslu sendiri. “Itu wajib hukumnya kalau tidak ditangani ya DKPP menunggu,” kata dia.

Kepala Badan Kesbangpol Bantaeng, Faisal yang mewakili Penjabat Bupati Bantaeng menyampaikan, pengambilan sumpah sakral tersebut menjadi awal Panwascam untuk mengawal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota dan Pemilihan Bupati Kabupaten Bantaeng dan menjadikan pemilihan tahun 2024 menjadi berkualitas.

“Insya Allah pelaksanaan Pilkada tahun ini bisa menghasilkan Pilkada yang berkualitas, dan melahirkan pemimpin yang berkualitas pula,” kata dia.

Faisal juga berharap kepada Panwascam agar kiranya dapat mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa dan semua orang-orang menerima penghasilan dari negara agar tetap netral. “Siapapun mereka yang menerima gaji pada negara wajib netral dan di awasi oleh rekan-rekan Panwaslu,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bantaeng, Ningsih Purwanti yakin Panwascam yang baru saja dilantik tetap memiliki integritas dalam tahapan Pilkada 2024. “Saya yakin untuk ke depan ini di tahapan Pilkada ini saya yakin teman-teman tetap punya integritas untuk menjalankan tugasnya dengan baik,” kata dia.

Ningsih berharap anggota Panwascam menjaga netralitas serta mengajak partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan karena menurutnya Bawaslu tidak dapat jalan sendiri tanpa dukungan dari masyarakat.

“Saya harap teman-teman tetap menjaga netralitas, selalu bekerjasama dengan masyarakat, partisipasi masyarakat ajak neraka untuk melakukan pengawasan,” kata dia. (Jet)

  • Bagikan