Cocok Untuk Ibu Hamil! Berikut 5 Manfaat udang untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi Udang

RAKYATSULSEL – Udang menjadi salah satu jenis seafood yang populer dan disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, udang memiliki beragam nutrisi penting, seperti protein, vitamin, kalsium, hingga asam lemak omega-3.

Tak hanya itu, dibandingkan dengan makanan laut lainnya, kandungan merkuri pada udang tergolong rendah, sehingga udang aman untuk dikonsumsi.

Berkat kandungan nutrisi yang tinggi dalam udang, udang menghadirkan beberapa manfaat  yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengutip laman Verywell fit, Sabtu (25/5), berikut adalah 5 manfaat mengonsumsi udang.

1. Mendukung kesehatan jantung

Udang adalah sumber kolin yang baik, yang berdampak pada kadar homosistesin, penanda penting penyakit jantung.

Meskipun udang mengandung kolesterol, tetapi hampir tidak mengandung lemak jenuh. Penelitian terbaru pada tahun 2018 menunjukkan bahwa lemak jenuh meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Mendukung kehamilan yang sehat

Tidak seperti kebanyakan makanan laut, udang hampir tidak mengandung merkuri, menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi wanita ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari makanan laut selama kehamilan.

Selain itu, udang menyediakan nutrisi penting yang bermanfaat selama kehamilan, seperti zat besi, B12, kalsium, seng, kolin, dan protein.

Nutrisi-nutrisi tersebut membantu mencegah anemia dan pengeroposan tulang pada ibu hamil sekaligus mendukung pembentukan jaringan dan otak pada janin.

3. Menjaga penurunan berat badan

Studi menunjukkan bahwa protein berdampak pada berbagai jalur hormon nafsu makan, sehingga lebih mudah untuk menghindari penambahan berat badan. Untungnya makanan berprotein tinggi seperti udang bisa membantu.

Mengikuti pola makan yang lebih tinggi protein meningkatkan rasa kenyang dan mendukung pemeliharaan otot selama upaya penurunan berat badan.

4. Mendukung kesehatan otak

Ada beberapa bukti bahwa kolin dari makanan, seperti udang bermanfaat bagi fungsi kognitif. Meskipun penelitian terbatas, kolin dipertimbangkan dalam mengobati demensia dan kerusakan neurologis pada pasien stroke.

Selain itu, minyak krill telah terbukti memberikan efek neuroprotektif karena astaxanthin dan asam lemak omega-3, juga terdapat pada udang.

5. Memperkuat tulang

Udang menawarkan beberapa nutrisi yang terlibat dalam menjaga kesehatan tulang. Selain menyediakan kalsium, magnesium, dan selenium, udang merupakan sumber protein yang sangat baik.

Studi prospektif yang ekstensif menunjukkan penurunan signifikan pada patah tulang terkait dengan asupan protein. Memasukkan sumber protein tanpa lemak dari makanan, seperti udang bisa sangat bermanfaat untuk pencegahan osteoporosis pada orang dewasa yang lebih tua. (jp/raksul)

  • Bagikan