Gatal Karena Alergi Sabun? Simak Tips Memilih Sabun yang Benar!

  • Bagikan
Sabun Batang

RAKYATSULSEL - Pada saat rasa gatal tersebut muncul pasti anda akan merasa sangat tidak nyaman. Sehingga anda membutuhkan beberapa cara untuk menangani kondisi tersebut.

Adapun untuk mengatasi rasa gatal akibat alergi anda bisa menggunakan sabut khusu yang memang dirancang untuk kulit sensitif. DIkutip dari Halodoc terdapat 6 cara untuk memilih sabun yang berguna mengatasi gatal karena alergi.

1. Phamai Kandungan dalam Sabun

Usahakan anda memilih sabun yang mengandung sifat lembut dan tidak menimbulkan iritasi maupun alergi. Beberapa zat kimia yang menyebabkan iritasi, seperti pewangi, deterjen, paraben, dan alkohol.

2. Pilih Produk dengan Kandungan pH Seimbang

Hindari menggunakan sabun dengan kandungan asam yang tinggi, karena tingkat keasaman yang melebihi rentang pH kulit di atas bisa memicu iritasi dan alergi. Normalnya tingkat keasaman kulit berkisar antara pH 4 – 7

3. Hindari Sabun dengan Zat Pewarna

Seringkali sabun menggunakan bahan pewarna tambahan untuk membuat tampilan lebih menarik. Sebenarnya kandungan tersebut sangat beresiko karena bisa menyebabkan iritasi dan alergi.

4. Hindari Sabun Berbahan Iritan

Sabun yang mengandung bahan iritan sebaiknya dihindari demi mencegah rasa gatal pada kulit anda semakin parah. Carilah sabun yang tidak mengandung bahan seperti AHA, glycolic acid, salicylic acid, dan sulfur atau belerang.

5. Gunakan Sabun dengan Kandungan Alami dan Melembutkan

Dengan menggunakan sabun yang berbahan alami dan melembutkan bisa mengatasi kondisi kulit gatal karena alergi. Beberapa contohnya adalah  hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, lidah buaya, shea butter.

6. Lakukan Tes Tempel

Sebelum anda menggunakan sabun coba lakukan skin patch test atau tes tempel untuk mengetahui efek penggunaan dari sabun tersebut. Jika sampai timbul kemerahan dan gatal sebaiknya jangan gunakan sabun tersebut. Baiklah, demikian beberapa rekomendasi sabun untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi dan beberapa cara memilih sabun yang tepat untuk kulit sensitif. Anda bisa memilih salah satu sabun diatas yang sesuai dengan kulit anda. (jp/raksul)

  • Bagikan