Mentan Ancam Cabut Izin Distributor Pupuk Nakal

  • Bagikan
Mentan RI, Andi Amran Sulaiman saat kunjungan kerja ke Kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/5).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengeluarkan ancaman tegas kepada para distributor pupuk nakal yang melakukan monopoli perdagangan dan permainan harga.

"Jangan kalian sakiti petani, saya minta untuk langsung dicabut izinnya," tegas Mentan Amran saat memberikan sambutan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/5/2024).

Mentan Amran juga menyampaikan akan berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di Sulsel untuk melakukan pemeriksaan terhadap para distributor nakal tersebut. Ia meminta kelompok tani untuk memberikan informasi langsung terkait para distributor nakal. Sejumlah nama dan perusahaan sudah dicatat oleh pihaknya.

"Saya minta untuk segera diberikan perhatian dan dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Mentan menekankan bahwa perhatian terhadap pertanian merupakan tanggung jawab besar yang harus diperhatikan penuh, sebab petani Indonesia adalah penyokong bangsa. "Makanya sudah ada tambahan pupuk untuk petani Indonesia," ungkapnya.

Ia mengimbau para Pemerintah Daerah untuk serius dalam mengelola pertanian karena petani adalah kunci kemaslahatan bangsa. "Petani adalah pahlawan bangsa," tegasnya. (Abu/B)

  • Bagikan