PAN Susul NasDem dan Gerindra Nyatakan Dukungan untuk ASS-Fatma di Pilgub

  • Bagikan
Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi

Keputusan DPW Partai NasDem Sulsel menduetkan Sudirman-Fatmawati diputuskan dalam rapat pleno di kantor NasDem Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Minggu (26/5/2024) malam. Rapat ini dipimpin oleh Ketua NasDem Sulsel, Rusdi Masse atau RMS.

RMS menyebutkan bahwa untuk usungan Pilgub Sulsel 2024, hanya satu pasangan calon yang akan diusulkan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi maju Pilgub. "Untuk Pilgub Sulsel, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi, setuju?" tanya RMS sambil meminta persetujuan peserta rapat pleno.

Partai NasDem juga membeberkan usungan nama-nama bakal calon kepala daerah di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan untuk diusung di Pilkada 2024. Hal ini sesuai hasil pleno usulan calon kepala daerah di Pilgub maupun di Pilbup/Pilwalkot se-Sulsel, yang nantinya akan disampaikan kepada DPP NasDem.

RMS menyatakan bahwa dari 24 kabupaten/kota, ada 13 kabupaten yang diusulkan NasDem sebagai calon tunggal. "Semua diusulkan di pleno. Ada 13 yang merupakan calon tunggal," ujarnya. Artinya, ada 11 kabupaten/kota yang hasil usungannya masih terdiri dari beberapa nama, dengan kriteria penentuan figur berdasarkan sejumlah pertimbangan, utamanya elektabilitas.

Namun, NasDem belum membeberkan secara rinci nama-nama yang diusung di 24 kabupaten/kota. Sebelumnya, NasDem tidak membuka pendaftaran di 11 kabupaten/kota untuk penjaringan bakal calon kepala daerah. Daerah-daerah yang tidak membuka pendaftaran adalah Kabupaten Pangkep, Barru, Sidrap, Pinrang, Luwu, Makassar, Enrekang, Jeneponto, Bulukumba, Selayar, Parepare, Lutim, dan Palopo, karena optimis dengan kadernya.

Sedangkan daerah-daerah yang membuka pendaftaran untuk koalisi dengan kader NasDem adalah Kabupaten Gowa, Takalar, Bone, Wajo, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, Tana Toraja, Maros, Sinjai, dan Bantaeng. (Yadi/B)

  • Bagikan