Siapkan Akreditasi International, Dekan FEB Benchmarking di IZU dan Uskudar University Turkiye

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, Muhammad Syafi'i A.Basalamah melakukan benchmarking (kunjungan) di Istanbul Sabahattin Zaim University (IZU) Turkiye dan Uskudar University Turkiye.

Kunjungan itu juga hadir Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof Sufirman Rahman sekaligus melakukan penandatanganan kerjasama antara UMI dengan IZU yang berlangsung di Rektorat IZU, Halkalı Merkez, İstanbul, Turki, Kamis, 23 Mei 2024 dan Uskudar University di Turki, Jum’at, 24 Mei 2024

Dekan FEB UMI Muhammad Syafi'i A.Basalamah mengatakan, bahwa benchmarking yang dilakukannya untuk melihat perbandingan Kurikulum dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berlaku di FEB UMI dengan beberapa universitas di luar negeri.

Kata dia, benchmarking itu sekaligus menjadi moment sharing serta mengumpulkan informasi terkait teknis pelaksanaan dan pengelolaan program internasional di FEB IZU dan Uskudar University.

Ia melanjutkan, FEB UMI sebagai fakultas memiliki empat program studi dengan akreditasi UNGGUL, tengah mempersiapkan akreditasi internasional untuk seluruh program studi (Prodi) di FEB UMI.

“Salah satu tujuannya adalah untuk persiapan akreditasi internasional untuk seluruh program studi di FEB UMI,” ujar dekan termuda UMI ini.

Sementara itu, Vice Rector IZU Turkey, Prof Ismail, mengaku, pihaknya menyambut baik kerjasama antara kedua institusi yang mewakili dua negara ini.

Kata dia, IZU saat ini memiliki lebih dari dua ribu mahasiswa asing yang berasal dari lebih dari 90 negara.

Prof Ismail juga menyampaikan bahwa nama IZU berasal dari nama Prof Sabahattin Zaim, seorang tokoh ekonomi Islam yang ternama.

Kunjungan hari pertama diawali dengan penandatanganan MoU UMI dengan IZU, yang dilakukan oleh Rektor UMI Prof. Dr. H Sufirman Rahman dan Rector IZU Turkey Prof Ahmet Cevat Acar.

Acara penandatanganan itu dihadiri oleh Vice Rector IZU Prof Ismail Kucuk, PhD ini disaksikan langsung oleh Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA.

Selain itu, pimpinan UMI juga diajak berkeliling untuk lebih mengenal Kampus IZU yang sebagian bangunannya masih menempati bangunan bersejarah wakaf dari tokoh di Turki. Hari kedua di Turki, dilanjutkan penandatanganan MoU UMI dengan Uskudar University dan Benchmarking FEB.

Selain melaksanakan benchmarking, Dekan FEB UMI juga menjadi narasumber dalam Bilateral Conference yang diprakarsai Edutolia Education di IZU University.

Ia mempresentasikan hasil penelitian The Urgency Of Information Technology For Higher Education And Future Business Practices.

Dalam konferensi tersebut juga dihadiri mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Turki.

Sejumlah tokoh UMI hadir. Yaitu, Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. Ir. Moh Hattah Fattah, MS, Direktur Program Pascasarjana (PPS) UMI Prof. Dr. Mursalim Laekkeng, ASEAN, CPA, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI, Dr. Muhammad, Syafi'i,A.Basalamah SE, MM,, Kepala Kantor Urusan Internasional UMI Ir. Setyawaty Yani, serta Kepala Humas, Protokoler dan Kerjasama UMI Dr. Hj. Nurjannah Abna. (Abu/B)

  • Bagikan