Dinas Peternakan Sulsel Jamin Ketersediaan Hewan Kurban, Perkiraan Kebutuhan Sulsel Capai 46.963 Ekor

  • Bagikan
Ilustrasi Sapi Kurban

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menjelang Hari Raya Kurban (Idul Adha) 2024, kesehatan hewan kurban menjadi perhatian utama bagi masyarakat Muslim yang akan melaksanakan ibadah kurban. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurlina Saking, memastikan bahwa ketersediaan hewan ternak di Sulsel menjelang hari raya kurban dalam kondisi baik, dengan penyakit hewan yang terkontrol.

“Ketersediaan ternak yang bisa dikurbankan seperti sapi dan kambing cukup tersedia dan dalam kondisi yang sehat, meskipun ada beberapa penyakit di beberapa daerah, tetapi masih terkendali,” jelas Nurlina saat diwawancarai oleh Rakyat Sulsel, Selasa (28/5/2024).

Nurlina menambahkan bahwa pengawasan distribusi hewan kurban tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Pemerintah setempat memastikan hewan yang akan dikurbankan mendapatkan surat keterangan sehat dari dinas terkait di masing-masing wilayah.

“Kami senantiasa memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dengan cara memastikan hewan yang bakal dikurbankan sudah mendapatkan surat keterangan sehat dari dinas terkait,” paparnya.

Langkah ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan kurban dengan konsep halal thayyiban, yaitu hewan kurban yang halal dan sehat untuk dibagikan kepada yang berhak.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pengurus masjid, terutama juru potong hewan kurban, untuk mendiskusikan tata cara pemotongan hewan kurban dengan melibatkan akademisi dan organisasi agama.

  • Bagikan