Makassar Half Marathon Telan Anggaran Hingga Rp1,9 Miliar

  • Bagikan
Konferensi Pers Gelaran MHF

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Gelaran Makassar Half Marathon (MHF) yang didukung Pemerintah Kota Makassar Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kota Makassar menelan anggaran Rp1,9 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan PLT Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Lengka Bau Jemma dalam konferensi Persnya di Phinisi Point, Rabu (29/5/2024).

Andi Lengka merincikan, dari anggaran Rp1,9 Miliar ini, sebanyak Rp 500 juta digunakan untuk hadiah selebihnya untuk membayar keperluan kegiatan.

Lebih jauh, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menarik wisatawan ke kota Makassar sebab 22 provinsi akan terlibat termasuk puluhan pelari dari luar negeri.

"Penganggaran ini dari Pemerintah Kota namun dampaknya untuk UMKM. Kegiatan ini juga akan meningkatkan pendapatan daerah dan memberi efek ekonomi baik bagi hotel, restoran dan lain-lain," ujarnya

Sejalan dengan itu PPATK Bidang Prestasi Dispora, Muhammad Akbal Amir menjelaskan Rp1,9 M memiliki banyak peruntukan.

"Pagu anggaran sudah turun, di 2023 lalu ada sebanyak Rp2 Miliar lebih. Tahun ini yang kami kelola Rp1,9 Miliar, dicut Rp500 juta untuk hadiah, selebihnya membayar kebersihan dan sebagainya. Mungkin yang dikelolah panitia sekitar Rp800 juta. EO sendiri disetiap pertanggung jawabannya ada RAB baik sponsor dan uang peserta. Untuk uang peserta sebagian besar uang peserta digunakan untuk dirinya sendiri. Secara keseluruhan ada subsidi," jelasnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan