Polres Tator Gelar Lomba Satkamling, Ajak Warga Wujudkan Kamtibmas Kondusif

  • Bagikan
Personil Polres Tator saat melakukan penilaian terhadap perserta lomba Satkamling.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Polres Tana Toraja (Tator) kembali mengajak masyarakat untuk mengaktifkan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dengan menyelenggarakan lomba Siskamling dan melakukan penilaian terhadap peserta lomba. Langkah ini merupakan bagian dari upaya melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Pada Rabu, 22 Mei 2024, Polres Tator melakukan penilaian lomba terhadap lima Satkamling di wilayah hukumnya, yakni Satkamling Rantetayo, Satkamling Benteng Ambeso, Satkamling Lion Tondok Iring, Satkamling Bonggakaradeng, dan Satkamling Maruang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong dukungan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan, dengan mengajak mereka berperan aktif dalam menjaga keamanan pribadi dan lingkungan sesuai konsep community policing. Ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kejahatan dan masalah sosial di sekitar kita.

Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo, menjelaskan kepada media bahwa penilaian Satkamling di lima lokasi tersebut dilakukan oleh para pejabat utama (PJU) Polres Tator dan didasarkan pada beberapa aspek.

"Aspek penilaian Satkamling terbagi menjadi lima, yakni aspek sumber daya manusia (SDM), aspek sarpras (sarana dan prasarana), aspek operasional, aspek dukungan masyarakat, dan aspek pembinaan Satkamling," jelas Malpa Malacoppo.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengamanan swakarsa yang bertujuan meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat di wilayah hukum Polres Tana Toraja untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

"Hasil dari penilaian menunjukkan bahwa dengan nilai tertinggi, pos Satkamling Rantetayo di Kelurahan Padangiring, Kecamatan Rantetayo, terpilih untuk mewakili Polres Tana Toraja dalam lomba Satkamling tingkat Polda Sulsel," pungkas Malpa Malacoppo.

Diketahui, para petugas Satkamling merupakan binaan dari Bhabinkamtibmas jajaran Polsek di lingkup Polres Tana Toraja. (Cherly)

  • Bagikan

Exit mobile version