Rapat Dewan Komisioner LPS Tetapkan TBP Bank Umum 4,25 persen, BPR 6,75 persen dan Valas 2,25 persen

  • Bagikan
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui Rapat Dewan Komisioner (RDK) menetapkan Tingkat Bunga Penjamin (TBP) periode Reguler Mei 2024.

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui Rapat Dewan Komisioner (RDK) menetapkan Tingkat Bunga Penjamin (TBP) periode Reguler Mei 2024.

Penetapan ini merupakan yang ke dua selama 2024 dan berlaku bagi simpanan dalam Rupiah di bank umum dan Bank Perekonomian Rakyat (BPR), serta simpanan dalam bentuk valuta asing (valas) di bank umum.

TBP simpanan merupakan batas maksimum tingkat bunga wajar simpanan perbankan yang ditentukan oleh pergerakan suku bunga simpanan di industri perbankan, juga sebagai ruang intensitas persaingan yang sehat antar bank dalam menghimpun dana dari masyarakat. 

Dalam menentukan TBP simpanan, LPS mempertimbangkan faktor-faktor forward looking untuk memperkuat momentum pemulihan ekonomi dan Stabilitas Sistem Keuangan (SSK).

Dalam Rapat Dewan Komisioner, LPS menetapkan TBP simpanan rupiah pada Bank Umum 4,25 persen dan TBP simpanan rupiah pada BPR  6,75 persen. Sedangkan untuk TBP simpanan valuta asing (valas) pada bank umum sebesar 2,25 persen. Selanjutnya, TBP tersebut akan berlaku untuk periode 1 Juni 2024 sampai 30 September 2024.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menambahkan, penetapan TBP simpanan ini bertujuan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi domestik dan kinerja sektor riil serta mendukung kinerja intermediasi perbankan. Kemudian, guna memberikan ruang lanjutan untuk perbankan dalam pengelolaan likuiditas dan suku bunga simpanan.

“Selain itu, kebijakan penetapan TBP LPS adalah upaya untuk terus menjaga sinergi kebijakan lintas otoritas untuk menciptakan stabilitas sistem keuangan,” ujar Purbaya Yudhi Sadewa. (Hikmah/B)

  • Bagikan