Kakanwil Kemenag dan Kapolda Sulsel Teken MoU Pembinaan Pesantren di Sulsel

  • Bagikan
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan, Muhammad Tonang bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, menandatangani (MoU) Perjanjian Kerja Sama Tentang Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Penguatan Moderasi Beragama, Pencegahan Radikalisme, dan Penyuluhan Pesantren Ramah Anak di gedung Islamic Centre IMMIM Makassar, Kamis (30/5/2024).

“Jadi kami menghimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan atensi terhadap pondok yang tidak memiliki izin,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengutarakan sebagai lembaga pendidikan yang yang bergerak pada bidang agama dan bersentuhan langsung di masyarakat, pondok pesantren juga diharapkan mampu menjadi pencerdas masyarakat terkait dengan tindakan yang bertentangan dengan hukum.

Tak hanya itu, pendidikan ekonomi kerakyatan alangkah lebih baiknya juga mengalir pada proses pembentukan karakter pada santri, sebab salah satu pemicu terjadinya tindakan kriminal adalah faktor ekonomi atau kemiskinan ekstrim. Hal itu tentu harus menjadi perhatian semua masyarakat.

“Meskipun saya dan pak Kakanwil teriak-teriak, jangan radikal, jangan intoleran kalau masih ekonomi lemah itu masih sangat berpotensi untuk terkontaminasi dengan orang mempengaruhi untuk berlaku radikal,” paparnya.

“Selaku pimpinan polda Sulsel saya mengajak kita semua untuk  tetap menjaga nilai-nilai persatuan dan toleransi dan keberagaman sebagai modal utama untuk membangun bangsa ini,” kuncinya. (Abu/B)

  • Bagikan