Mahasiswa UC Makassar Gelar Workshop UMKM Cottoni Panrita Bagi Asosiasi Perkumpulan Wanita UMKM

  • Bagikan
Tim Universitas Ciputra yang menggelar Workshop UMKM Cottoni Panrita

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Makassar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas) dengan mengembangkan produk UMKM Cottoni Panrita.

Mahasiswa  UC melakukan pengajaran kepada UMKM setempat di kampus UC Makassar.

Cottoni Panrita adalah produsen rumput laut yang berlokasi di Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Produk utama mereka adalah rumput laut kering. Dalam kegiatan ini, mahasiswa UC Makassar mengembangkan inovasi dengan mengubah rumput laut kering tersebut menjadi tepung rumput laut.

Melalui workshop kuliner ini, mahasiswa UC Makassar memberikan pelatihan kepada UMKM setempat tentang inovasi produk ini. Selain itu, para peserta workshop juga diajarkan cara membuat produk dari bahan tersebut, yaitu Opera Gateau Pudding Cake.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada Asosiasi Perkumpulan Wanita UMKM dalam mengembangkan produk inovatif dari rumput laut Cottoni Panrita. Workshop ini juga bertujuan untuk mengajarkan peserta membuat Opera Gateau Pudding Cake menggunakan tepung rumput laut tersebut.

Diharapkan, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat meningkatkan kualitas produk dan daya saing usaha UMKM setempat.

Dosen Penanggung Jawab kegiatan, Sinar Dharmayana Putra berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu pelaku UMKM

"Melalui pelatihan ini, kami berharap ibu-ibu UMKM dapat mempelajari cara mengolah rumput laut cottoni panritta menjadi kue yang lezat dan bergizi. Saya juga berharap pelatihan ini dapat membantu ibu-ibu UMKM untuk meningkatkan penghasilannya dan mengembangkan usahanya," ujarnya 

Lebih jauh kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi UMKM setempat, khususnya dalam meningkatkan nilai tambah produk mereka dan memperkuat ekonomi lokal melalui inovasi dan kewirausahaan. (Hikmah/A)

  • Bagikan