Antisipasi Dampak Cuaca Panas, JCH Embarkasi Makassar Dibekali Alat Hand Spray dan Oralit

  • Bagikan
Penyuluh penggunaan alat kesehatan dj Asrama Haji Sudiang Makassar memberikan praktek penggunaan alat kesehatan, Senin (3/6/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pantia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Makassar memberikan penyuluhan kepada Jemaah Calon Haji (JCH) terkait dengan penggunaan item alat kesehatan pribadi.

Alat kesehatan pribadi tersebut merupakan bagian dari item yang dibagikan oleh PPIH saat memasuki Asrama Haji Sudiang.

PPIH Kesehatan Embarkasi Makassar, dr Juniarti Naim menyampaikan alat kesehatan tersebut merupakan alat kesehatan yang bisa dikonsumsi semua usia.

"Jadi alat kesehatan ini aman untuk semua usia," ujarnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Senin (3/6/2024).

Ia menyampaikan,  alat kesehatan tersebut seperti Handspray (alat semprot tangan). Alat ini diperuntukkan untuk mengantisipasi dampak cuaca panas pada kulit JCH.

Sebab kata dia, untuk puncak panas sendiri itu diperkirakan terjadi Mei-Juni, bahkan diperkirakan mencapai 50 derajat celcius.

"Jadi alat semprit ini akan diisi air oleh para jemaah dan disarankan disemprotkan ke wajah para jemaah ketika sedang berada diluar ruangan," paparnya.

Selanjutnya Oralit, itu bertujuan sebagai  obat untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh. Sebab, dampak cuaca panas akan mempermudah cairan tubuh terserap oleh cuaca.

Ia memberikan perbandingan, untuk di Saudi Arabia tingkat kelembapan hanya 20 persen, sedangkan Indonesia sebesar 80 persen.

  • Bagikan