Arsip Nasional – Pemkab Bantaeng Kerjasama Gelar Ukom Fungsional Arsiparis 

  • Bagikan
Suasana Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Arsiparis bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng 2024 bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Hotel Seruni, Kecamatan Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menyelenggarakan Uji Kompetensi (Ukom) Jabatan Fungsional Arsiparis bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng 2024 di Hotel Seruni, Kecamatan Bantaeng, Rabu (5/6).

Pj Bupati Bantaeng, Andi Abubakar dalam laporannya menyampaikan tiga hal utama. Pertama, di tahun sebelumnya, Pemkab sudah mulai mengadakan Bimtek Pengelolaan Arsip baik secara manual maupun sosialisasi dan implementasi Srikandi. Kedua, dari aspek infrastruktur dilakukan peletakan batu pertama Pembangunan Depo Arsip Kabupaten Bantaeng.

"Karena Kabupaten Bantaeng merupakan Kabupaten tertua di Sulawesi Selatan, sehingga sangat perlu dilakukan penguatan pada aspek penyelenggaraan kearsipan dalam rangka mewujudkan memori kolektif daerah," kata dia.

Ketiga dari Aspek SDM, terpilih 30 peserta yang akan melaksanakan uji kompetensi. "Hari ini kita akan melakukan pencanangan Teman Srikandi, yang mana saat ini Teman Srikandi Kabupaten Bantaeng berada di peringkat tiga se-Sulawesi Selatan," kata dia.

Kepala Arsip Nasional RI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa fungsi dan peran arsip sangat penting untuk menjaga arah kita ke depan, seperti yang selalu disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo tentang tiga poin penting yang menjadi mandat bagi arsiparis terkait memori kolektif bangsa, terkait Srikandi dan warisan budaya yang harus dijaga.

"Kearsipan itu fungsinya mendokumentasikan semua aktifitas kita baik aktifitas kedinasan maupun perseorangan," kata dia.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula pencanangan Inovasi Teman Srikandi yang ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara oleh Pj Bupati Bantaeng dan komitmen bersama serta Penyematan Pin yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Arsip Nasional RI, Imam Gunarto. (Jet)

  • Bagikan