Pilkada Bulukumba, Hanura Siapkan Penantang Petahana

  • Bagikan
Bakal calon bupati Bulukumba, Andi Mahfud Sulthan saat menerima rekomendasi dari partai Hanura (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Bulukumba menyiapkan kandidat penantang untuk petahana, Andi Muchtar Ali Yusuf pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November nanti.

Ketua Hanura Bulukumba, Zabir Ikbal mengatakan, DPP sudah mengeluarkan rekomendasi kepada dua bakal calon bakal bupati, semuanya penantang yakni Andi Mahfud Sulthan dan Andi Kasmir Latif. Keduanya, kata Zabir cuma ini yang memiliki keseriusan untuk maju dengan mengikuti semua tahapan.

"Mereka mengikuti semua tahapan, mekanisme yang dilakukan Partai Hanura Provinsi Sulawesi selatan," katanya, Kamis (6/6/2024).

Tidak masuknya Andi Muchtar Ali yusuf dan Edy Manaf, padahal keduanya ini merupakan pasangan petahana, Zabir menyebutkan jika Andi Utta sapaan Andi Muchtar Ali yusuf tidak mengikuti semua tahapan DPD Hanura Sulsel walau dia telah mendaftar dan mengembalikan formulir.

Walau keduanya sudah mengantongi rekomendasi Hanura, rekomendasi tersebut masih berpotensi berubah karena kata Zabir Hanura hanya memiliki tiga kursi, sementara syarat untuk maju di Bumi Panrita Lopi harus mendapatkan dukungan dari parlemen paling sedikit delapan kursi.

"Kalau mereka mampu mencukupkan kursi koalisi yang diisyaratkan KPU, maka Andi Mahfud atau Andi Kasmir akan menjadi penantang petahana," jelasnya.

Dalam surat rekomendasi diberikan DPP sudah jelas semua calon harus mencukupkan partai koalisi paling lambat 3 Juli 2024 atau hanya berlaku satu bulan.

"Jika tidak mampu mencukupkan partai koalisi sampai tanggal 3 maka rekomendasi tersebut akan ditarik," tutupnya. (Fahrullah/B).

  • Bagikan