UNIFA Berpartisipasi dalam International Education Expo di Timor Leste

  • Bagikan
International Education Expo & Forum 2024 yang diselenggarakan di Dili, Timor Leste, bekerja sama dengan Pusat Budaya Indonesia KBRI Dili.

TIMOR LESTE, RAKYATSULSEL - Universitas Fajar turut serta dalam Expo dan Pameran Pendidikan berjudul International Education Expo & Forum 2024 yang diselenggarakan di Dili, Timor Leste, bekerja sama dengan Pusat Budaya Indonesia KBRI Dili.

Acara ini berlangsung dari tanggal 6 hingga 10 Juni 2024. Selain Unifa, lima perguruan tinggi swasta lainnya dari Sulawesi Selatan juga ikut serta. Keenam perguruan tinggi swasta ini merupakan delegasi dari Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Sulawesi Selatan.

Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan perguruan tinggi swasta di Sulawesi Selatan menuju pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) PT dan akreditasi PT serta program studi, berbagai kegiatan diselenggarakan dalam acara ini.

Enam PT tersebut mengadakan Expo dan Pameran Pendidikan untuk merekrut mahasiswa internasional. Mereka menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Timor Leste yang berminat melanjutkan pendidikan di Indonesia, terutama di Sulawesi Selatan.

Selain itu, anggota ABPPTSI Sulawesi Selatan juga menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi swasta di Timor Leste, termasuk kerjasama dalam implementasi tridharma dan pengembangan internasional lainnya.

Ikhfan Haris, selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili, menyatakan bahwa Pusat Budaya Indonesia merupakan wujud rekonsiliasi antara Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan.

Banyak siswa Timor Leste yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke Indonesia, khususnya ke Makassar, dan untuk itu KBRI Dili memfasilitasi kerjasama antara perguruan tinggi swasta di Makassar dengan ABPPTSI Sulawesi Selatan.

Abduh Idris, ketua tim sekaligus Sekretaris ABPPTSI Sulawesi Selatan, menyatakan bahwa perguruan tinggi yang turut serta dalam acara ini antara lain Universitas Fajar, ITB Nobel, Universitas Almarisah Madani, Universitas Bosowa, Politeknik LP3I Makassar, dan Universitas Atmajaya Makassar.

Selain penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan perekrutan mahasiswa internasional baru, beberapa delegasi juga akan menjadi pemateri dalam kuliah umum internasional di beberapa perguruan tinggi di Timor Leste.

Acara ini dibuka oleh Duta Besar Indonesia di Dili, Timor Leste, Okto Dorinus Manik. (*)

  • Bagikan