Pendaftaran PPDB Jenjang TK-SD-SMP Segera Dibuka, Pemkot Pastikan Seluruh Anak di Makassar Bersekolah

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru 2024 untuk jenjang SD dan SMP di Kota Makassar segera dibuka.

Pemerintah Kota Makassar menjamin seluruh anak di Kota Makassar khususnya SD dan SMP bersekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Muhyiddin mengatakan jaminan ini adalah bagian dari program Revolusi Pendidikan yang merupakan salah satu visi misi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Dalam program ini ditegaskan bahwa tidak ada anak usia sekolah di Kota Makassar yang tidak bersekolah.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu pada pendaftaran PPDB jenjang SD dan SMP 2024 Kota Makassar akan dibuka jalur alternatif selain Zonasi dan Non Zonasi. Yakni, jalur solusi atau jalur pemenuhan kuota.

Jalur pemenuhan kuota ini ini akan dibuka setelah hasil PPDB jalur Zonasi dan Non Zonasi diumumkan.

Setelah pengumuman, Disdik Kota Makassar akan melakukan pendataan ke setiap sekolah untuk mengetahui jumlah kuota siswa baru yang belum terpenuhi.

Nantinya, calon peserta didik yang tidak tertampung akan dimasukkan ke sekolah yang telah didaftari sebelumnya melalui pendekatan jalur zonasi.

"Contohnya ada anak yang tidak lolos di sekolah A, hanya karena persoalan jarak 100 meter(zonasi), nanti pada saat jalur pemenuhan kuota (jalur solusi) maka anak itu akan masuk otomatis ke sekolah A," ucap Muhyiddin, Senin (10/6).

Meski begitu, Muhyiddin mengaku jalur pemenuhan kuota ini tidak tertuang pada petunjuk teknis (Juknis) pelaksaan PPDB.

Namun, dalam surat keputusan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) terdapat aturan terkait pemenuhan kuota (jalur solusi).

Maka dari itu, Muhyiddin meminta kepada seluruh orang tua calon peserta didik untuk tidak panik dan khawatir terkait PPDB ini.

"Saya selaku kepala Dinas Pendidikan, penanggung jawab penerimaan PPDB ini memberikan jaminan Semua warga kota Makassar tidak ada anak yang tidak sekolah," tegas Muhyiddin.

  • Bagikan

Exit mobile version