Kapolres Tator Hadiri Rakor Kesiapan Awal Pengamanan Pilkada

  • Bagikan
Rakor kesiapan awal pengamanan Pilkada 2024 yang digelar Polda Sulsel.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL – Demi menciptakan Pilkada tahun 2024 yang aman dan lancar, Kapolres Tana Toraja (Tator), AKBP Malpa Malacoppo, didampingi sejumlah pejabat utama Polres Tator bersama instansi terkait, menghadiri rapat koordinasi (Rakor) kesiapan awal pengamanan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, yang dilaksanakan di Hotel Harper Makassar, Senin, 10 Juni 2024.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol. Andi Rian R. Djajadi yang diwakili oleh Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol. Al Afriandi. Rakor ini dihadiri oleh PJU Polda Sulsel, Polres lingkup Polda Sulsel, serta melibatkan pemerintah daerah dan pihak penyelenggara masing-masing.

Menurut Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo, dalam rakor tersebut ditekankan arahan dari pimpinan tentang pentingnya netralitas aparat keamanan dalam Pilkada. Netralitas adalah kunci dalam menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

"Bapak Irwasda juga menegaskan pentingnya sinergi antar lembaga dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada setiap tahapan Pilkada tahun 2024 dan berkomitmen untuk bekerja sama secara optimal dengan semua pihak terkait guna menciptakan situasi yang kondusif bagi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya," kata Malpa.

Lebih lanjut, Malpa menjelaskan bahwa dalam rakor juga dibahas terkait kesiapan Polres dalam bidang personel, logistik, anggaran, serta metode penanganan potensi konflik.

“Ini masih Rakor kesiapan awal pengamanan Pilkada, dan rencana pada bulan September 2024 akan diselenggarakan lagi Rakor pengamanan Pilkada dengan mengundang Forkopimda,” pungkas Malpa. (Cherly)

  • Bagikan