Kementan Jadikan Polbangtan Sebagai Pusat Pengembangan Agrisociopreneur Pertanian

  • Bagikan
Polbangtan Gowa melalui program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Kementerian Pertanian (Kementan), menggelar sosialisasi program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), Selasa (11/6/2024).

GOWA, RAKYATSULSEL - Dalam upaya mendorong alumninya untuk menciptakan lapangan kerja di bidang pertanian (job creator), Polbangtan Gowa melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar sosialisasi program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), Selasa (11/6/2024).

PWMP merupakan program Kementerian Pertanian yang dirancang untuk mendorong penumbuhan generasi muda berwirausaha di bidang pertanian. Program ini melalui beberapa tahap, dimulai dengan penyadaran dan penumbuhan kewirausahaan, kemudian pengembangan, pemandirian dengan jejaring dan akses permodalan, serta inkubasi bisnis.

Melalui program ini, Polbangtan Gowa sebagai kampus vokasi di bawah Badan SDM Kementerian Pertanian memiliki peran vital sebagai pusat pengembangan Agrisociopreneur berbasis inovasi agribisnis.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman agar lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian menjadi job creator dan pencipta lapangan kerja di lingkungannya.

Oleh karena itu, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian berupaya serius dalam mencetak job creator melalui program PWMP. Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, menekankan pentingnya pembinaan wirausahawan muda bagi generasi muda pertanian.

“Jika banyak generasi yang tergugah hatinya dalam pengembangan usaha pertanian, hal itu akan menimbulkan dampak positif karena akan menjadi bekal bagi mereka ke depannya dalam menopang perekonomian Indonesia, terutama dalam swasembada pangan,” ujar Dedi.

  • Bagikan