Parpol Masih “Gantung” Rekomendasi untuk Kandidat di Pilgub Sulsel 2024

  • Bagikan
Ilustrasi Pilgub Sulsel 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pendaftaran calon kepala daerah 2024 akan dimulai pada 22 Agustus mendatang, tersisa waktu dua bulan lagi. Hingga saat ini, paket calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel masih belum final.

Pasangan calon seperti Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (ASS-Fatma) yang diusung NasDem dan PAN hingga kini belum mendapatkan rekomendasi resmi, hanya sebatas lisan. Begitu juga pasangan Moh. Rahmdhan "Danny" Pomanto dan Indah Putri Indriani (Danny-Indah) yang kabarnya diusung koalisi PDIP, Golkar, dan PPP, masih belum menerima rekomendasi. Pasangan Andi Iwan Darmawan Aras dan Adnan Purichta Ichsan (AIA-Adnan) juga belum mendapat rekomendasi dari Gerindra dan partai lainnya.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel, Mustaqim Musma, mengakui bahwa rekomendasi untuk pasangan ASS-Fatma belum diserahkan. "Pasangan calon Sudirman-Fatma sudah diplenokan. Tinggal menunggu jadwal penyerahan rekomendasi," kata Mustaqim, Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, Ketua Bappilu DPW PAN Sulsel, sekaligus Ketua Desk Pilkada Muh Irfan AB, menegaskan bahwa partainya belum final memberikan arah usungan rekomendasi kepada calon Gubernur Sulsel.

"Hingga saat ini, rekomendasi PAN belum diberikan kepada calon Gubernur Sulsel manapun. Karena belum ada pleno penetapan di DPW atau DPP PAN," tegasnya.

Irfan menambahkan, PAN membuka ruang untuk semua bakal calon Gubernur. Saat ini, beberapa nama telah mengambil formulir pendaftaran, termasuk IAS, Danny, Panglima'ta, dan ASS, meskipun ASS belum mengembalikan formulir. PAN juga masih membuka ruang bagi AIA dan Adnan jika mereka mendaftar.

  • Bagikan