Pemprov Sulsel Akan Refocusing Anggaran untuk Pembuatan Rumah Ikan

  • Bagikan
Ilustrasi Rumpon Ikan Permukaan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal melakukan refocusing anggaran, salah satunya untuk pembuatan rumah ikan (Rumpon) yang dinaungi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel.

Kepala DKP Sulsel, Muhammad Ilyas menyampaikan, bahwa program pembuatan rumah ikan ini merupakan salah satu program yang telah dituangkan dan disahkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2024.

Refocusing anggaran ini akan menyasar pembuatan rumah ikan dasar dan terumbu karang buatan. "Yang akan masuk dalam tahap refocusing ini adalah rumah ikan dasar dan terumbu karang buatan," tuturnya kepada Rakyat Sulsel baru-baru ini.

Ia menjelaskan bahwa ada tiga jenis pembuatan rumah ikan yang akan dikerjakan oleh pihaknya tahun ini berdasarkan rencana APBD 2024, yaitu rumpon permukaan, rumah ikan dasar, dan terumbu karang buatan. "Rumpon permukaan jumlahnya tetap, hanya dua yang bakal dilakukan refocusing," sebutnya.

Ilyas melanjutkan bahwa refocusing anggaran dijadikan solusi untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran oleh Pemprov Sulsel.

"Ada beberapa program yang dioptimalkan untuk digunakan Pemprov dalam melakukan pembayaran utang, kalau tidak salah," tuturnya.

Meski demikian, Ilyas menegaskan bahwa pelaksanaan program tersebut tetap akan dilakukan, hanya saja pelaksanaannya akan menuntaskan Detail Engineering Design (DED) terlebih dahulu bersama dengan pihak perguruan tinggi yang menjadi mitra DKP Sulsel.

"Program ini digagas oleh Pj Gubernur sebelumnya, jadi kami akan selesaikan dulu DED untuk terumbu karang buatan dan rumah ikan dasar," ucapnya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan teknis program tersebut. "Kita perlu DED sebelum melangkah, karena naskah akademik sangat penting sebelum melaksanakan program," paparnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Sulsel, Andi Agung, menyampaikan bahwa untuk APBD tahun 2024, jatah DKP Sulsel sebesar Rp167 miliar akan digunakan untuk berbagai program. Sekitar Rp10 miliar akan digunakan untuk program yang berkaitan dengan rumah ikan, baik untuk rumpon dasar hingga terumbu karang buatan. (Abu/B)

  • Bagikan