Gelar Wisuda ke-65 Unibos, Prof Batara Surya Berbagi Kiat Sukses Kepada 469 Wisudawan

  • Bagikan
Wisuda ke-65 Unibos Periode I Tahun Akademik 2023/2024, Rabu (12/6/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Prof Batara Surya membagikan prinsip dasar meraih kesuksesan yang yang harus di miliki para alumni kampus yang di pimpinannya. 

Dihadapan 469 mahasiswa yang terdiri dari 63 wisudawan Fakultas Teknik,  31 Fakultas Kedokteran, 161 Pasca Sarjana, 79 Fakultas Ekonomi, 53 Fisipol, 13 wisudawan Fakultas Pertanian, 19 Fakultas Hukum, 16 Psikologi, dan 34 wisudawan FIPS ini, Prof Batara mengatakan sukses adalah sesuai yang harus diupayakan, termasuk bagi para Wisudawan Unibos.

"Sukses bukan kebetulan tetapi berkat ketekunan dan kerja keras. Pekerjaan terbesar dan terberat adalah melampaui diri anda," ujarnya saat memberi sambutan digelaran Wisuda ke-65 Unibos Periode I Tahun Akademik 2023/2024, Rabu (12/6/2024).

Untuk mencapai kesuksesan tersebut kata dia, ada tiga prinsip dasar yang harus dimiliki seorang mahasiswa sekaligus agar sukses di dunia kerja adalah adaptability, integritas dan hubble.

"Para wisudawan sekalian, adaptability atau adaptasi merupakan suatu sikap yang penting dimiliki setiap orang. Para wisudawan Sekalian setelah menimba ilmu di Unibos dan menjadi sarjana, maka kesalahan di lingkungan kerja akan menimbulkan masalah bagi banyak pihak. Inilah sehingga setiap orang harus mampu beradaptasi," jelasnya.

"Sarjana memerlukan adaptasi dan dialektika. Ilmu pengetahuan saat ini belum cukup dan harus belajar lagi," tambahnya.

Selanjutnya integritas yakni nilai, perbuatan dan cara pandang yang dipegang dan  membawa prinsip serta gagasan sesuai tanggung jawab yang diamanahkan. 

Terakhir hubble menurut Prof Batara, hubble berkaitan kepekaan dan kepedulian terhadap orang lain yang bisa membangun konektifitas. 

"Sikap rendah hati akan membantu meningkatkan responsibilities dan siap mendengarkan orang lain serta  bahu membahu melakukan pekerjaan. Melatih kepekaan akan menimbulkan rendah hati, jika memiliki kelebihan dan pencapaian lantas berbangga itu manusiawi, namun harus percaya apa yang diperoleh  berkat kerja semua tim," ungkapnya.

Terakhir  Prof Batara juga mengajak parai wisudawan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. "Jika ingin lanjut S2, ada free biaya pendaftaran dan beasiswa 50 persen," tandasnya. (Hikmah/A)

  • Bagikan

Exit mobile version