PAN Sulsel Ogah Serahkan Rekomendasi ke ASS

  • Bagikan
Bendera PAN

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pendaftaran calon kepala daerah 2024 akan dimulai 22 Agustus mendatang. Tersisa waktu dua bulan lagi. Hanya saja, hingga saat ini paket calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulsel masih relatif.

Kendati ada pasangan calon seperti Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (ASS-Fatma) diusung NasDem dan PAN hingga kini tak kunjung mendapat rekomendasi karena hanya sebatas lisan.

Begitu juga santer pasangan Moh Rahmdhan "Danny" Pomanto dan Indah Putri Indriani (Danny-Indah). Kabarnya koalisi PDIP, Golkar, PPP tak kunjung ada rekomendasi.

Terbaru pasangan Andi Iwan Darmawan Aras dan Adnan Purichta Ichsan (AIA-Adnan). Figur ini, belum tampak karena rekomendasi Gerindra dan partai lain belum deal.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulsel, Mustaqim Musma mengakui hingga kini belum diserahkan rekomendasi kepada pasangan calon Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (ASS-Fatma).

Alasanya kata dia, DPP partai NasDem masih menjadwalkan waktu untuk penyerahan rekomendasi itu. Pasalnya kini masih penyerahan untuk daerah lain.

"Pasangan calon Sudirman-Fatma sudah diplenokan. Tinggal menunggu jadwal penyerahannya rekomendasi," singkat Mustaqim, Selasa (11/6/2024), saat dimintai tanggapan.

Ketua Bappilu DPW PAN Sulsel, juga ketua desk Pilkada Muh Irfan AB menegaskan jika hingga saat ini partainya belum final memberikan arah using rekomendasi kepada figur atau calon Gubernur Sulsel.

"Hingga saat ini, rekomendasi PAN belum diberikan kepada calon Gubernur Sulsel manapun. Karena belum ada pleno penetapan di DPW atau DPP PAN," tegasnya.

Anggota DPRD Sulsel itu mengatakan, meskipun kabar PAN akan mengusung salah satu calon Gubernur, hanya saja itu belum final di internal PAN. Apalagi belum ada keputusan resmi DPP dan pleno di tingkat DPW.

Selain itu, salah satu faktor penting kata dia, bakal calon yang diusung sudah melewati tahapan yakni proses pendaftaran. Meskipun ada jenjang pendaftaran di DPW dan DPP.

"Kami di partai punya mekanisme. Siapa yang daftar, maka akan diusung sesuai kriteria dan mekanisme. Kalau tidak mendaftar di DPW, bisa DPP," tuturnya.

Ia menyampaikan bahwa PAN sebagai partai politik membuka ruang untuk semua bakal calon Gubernur. Sehingga bagi calon Gubernr yang berpotensi maju tetap diperhitungkan semuanya.

"Saat ini yang sudah mengambil fotmulir pak IAS, Danny, Panglima'ta, ASS. Hanya saja yang belum kembalikan formulir pak ASS. Kami juga masih terbuka ruang bagi pak AIA dan pak Adnan jika mendaftar," sebutnya. (Suryadi/B)

  • Bagikan