Pastikan Kebutuhan Tersedia Jelang Idul Adha, Bupati Pangkep Cek dan Pantau Harga Pangan

  • Bagikan
Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau(MYL) saat melakukan inspeksi mendadak dan pemantauan harga pasar jelang hari raya Idul Adha 1445 H.

PANGKEP, RAKYATSULSEL - Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL), bersama jajaran Forkopimda dan OPD terkait melakukan inspeksi mendadak dan pemantauan harga pasar menjelang hari raya Idul Adha.

Bupati MYL melakukan pengecekan langsung di sejumlah toko dan kios pedagang, khususnya yang menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, daging, dan bumbu dapur di Pasar Sentral Pangkajene pada Rabu (12/06/2024).

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Pangkep, Agustina, menyampaikan bahwa dari hasil pemantauan yang dilakukan, pemerintah memastikan ketersediaan kebutuhan mencukupi menjelang Idul Adha 1445 H.

Selain ketersediaan barang, harga barang juga dalam kondisi stabil meski ada beberapa yang mengalami kenaikan.

"Kalau terkait stok, semua tersedia. Bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat tersedia jelang lebaran. Beras harganya stabil, yang sedikit naik harganya itu bumbu seperti bawang. Tapi harganya bervariasi," katanya.

Sementara itu, harga daging sapi dan ayam tetap stabil. Pemkab Pangkep mengantisipasi ketersediaan kebutuhan pokok dan stabilitas harga dengan melaksanakan gerakan pasar murah.

Salah seorang pedagang Pasar Sentral Pangkajene, Risna, mengatakan saat ini harga cabai mengalami kenaikan sejak pekan lalu. Cabai kecil seharga Rp45 ribu/Kg, yang sebelumnya seharga Rp25 ribu/Kg. Cabai besar seharga Rp38 ribu yang sebelumnya Rp20 ribu/Kg, cabai keriting seharga Rp45 ribu/Kg. Sementara tomat seharga Rp15 ribu/Kg.

"Paling laku jelang lebaran, itu cabai. Kenaikan selalu terjadi jelang lebaran, karena memang momen waktunya dibutuhkan jadi barang yang tersedia kurang," katanya. (Atho)

  • Bagikan

Exit mobile version