Teknologi PLTS Milik PLN Diklaim Mampu Mampu Kurangi 715 Ton Emisi Karbon Pertahun

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - PT PLN (Persero) telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tanamalala di Pulau Bembe, Desa Tanamalala, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Kepulauan Selayar.

PLTS ini memiliki kapasitas 176 kilo wattpeak (kWp) dan berada di atas lahan seluas 4.000 meter persegi. Dengan operasinya, PLTS ini mampu mengurangi emisi karbon sebesar 715 ton per tahun.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin, menjelaskan bahwa kehadiran PLTS merupakan komitmen PLN dalam menyediakan energi yang ramah lingkungan.

Hal ini sejalan dengan upaya PLN untuk meningkatkan penggunaan energi bersih menuju target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

"PLTS Tanamalala adalah bukti nyata dari keseriusan dan komitmen kami dalam menggunakan energi bersih. Kami yakin bahwa dengan adanya PLTS ini, masyarakat kepulauan dapat menikmati listrik dan meningkatkan taraf hidup serta perekonomian mereka," ujar Andy.

Terletak di gugusan pulau terluar Kabupaten Kepulauan Selayar, Andy menjelaskan bahwa tantangan dalam melistriki pulau tersebut tidaklah mudah bagi PLN. Namun, PLN berhasil mengatasi tantangan tersebut dengan keseriusan dan komitmen untuk membawa manfaat bagi masyarakat pulau.

  • Bagikan