Miliki KIA, Dapat Diskon di Gerai Makanan Siap Saji dan Tempat Bermain Anak

  • Bagikan
Kepala Disdukcapil Makassar, Muhammad Hatim

MAKASSAR ,RAKYATSULSEL – Anak-anak di Kota Makassar yang memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) kini bisa menikmati potongan harga di berbagai gerai makanan siap saji dan tempat bermain anak. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Muhammad Hatim, menjelaskan  program ini merupakan kerja sama antara Disdukcapil dan pihak swasta untuk meningkatkan minat orang tua dalam menerbitkan KIA bagi anak-anak mereka.

"Mereka (pihak swasta) memberikan benefit berupa diskon bagi pemilik KIA," jelas Hatim, Kamis (13/6). 

Berdasarkan data Disdukcapil Kota Makassar tercatat pengguna KIA telah mencapai 51 persen. 

Hatim menuturkan jumlah pengguna KIA sekitar 250 ribu anak dari total anak di Kota Makassar sebanyak 490 ribu. 

Hatim menjelaskan KIA merupakan kartu identitas yang berlaku bagi anak sejak sehari setelah lahir hingga sehari sebelum usia 17 tahun. Ia pun menekankan pentingnya KIA bagi setiap anak.

Untuk memaksimalkan penerbitan KIA, Disdukcapil juga melakukan sosialisasi dengan mengunjungi sekolah-sekolah di Kota Makassar. 

Ia menambahkan, penerbitan KIA ini juga dapat dilakukan di kantor kecamatan. "Bisa datang ke kantor kecamatan dengan membawa KK dan foto untuk anak di atas usia lima tahun," terang Hatim.

Maka dari itu, upaya ini diharapkan dapat  mencapai target penerbitan KIA hingga 75 persen tahun ini. "Kami menargetkan tahun ini bisa mencapai 75 persen," ujar Hatim. (Shasa/B)

  • Bagikan