Persiapan Pilkada Serentak 2024 di Sulsel: Berikut Jumlah Pemilih, TPS dan Petugas Pemutakhiran Data

  • Bagikan
IST

Dia pun mengimbau  ke masyarakat untuk ikut serta untuk bergabung sebagai pantarlih. Kedua, ia berharap kepada masyarakat yang ada keluarganya sudah Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk melapor. Baik itu meninggal maupun  yang terangkat TNI/Polri.

"Kita harap sesegera mungkin mempersiapkan dokumennya. Misalnya kalau meninggal menyiapkan surat kematian yang dapat diperoleh di kelurahan supaya TPS kita bersih betul. Sehingga tidak lagi orang yang sudah maeninggal tapi masih ada di TPS (terdata sebagai pemilih)," katanya.

Sesuai jadwal, rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih atau PPDP) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 akan dibuka mulai hari ini, Kamis, 13 Juni 2024.

Rekrutmen Pantarlih atau PPDP ini akan dibuka seminggu kedepan atau hingga Rabu, 19 Juni 2024.

Pantarlih yang direkrut akan berjumlah 1 orang di setiap TPS. Namun, jika pemilih dalam TPS lebih dari 400 maka Pantarlih atau PPDP yang akan direkrut di TPS tersebut berjumlah 2 orang.

Nanti Pantarlih atau PPDP yang terpilih akan bekerja memutakhirkan data pemilih selama 1 bulan penuh mulai 24 Juni s.d 25 Juli 2024.

Bagi yang ingin mendaftar menjadi Pantarlih atau PPDP, yuk kenali dulu jadwal lengkap, Syarat dan Dokumen yang dibutuhkan, serta honor yang akan didapatkan.

Sedangkan, Ketua KPU Sulsel, Hasbullah menambahkan bahwa tahapan perekrutan PPDP ini akan dimulai 13 Juni. Pendaftaran akan dibuka di seluruh PPS se-Sulsel.

"Jadi kalau mau daftar silahkan ke PPS kelurahan/desa masing-masing," singkat Hasbullah.

  • Bagikan