Pj Bupati Jeneponto Gandeng JICA Kembangkan BUMDes

  • Bagikan
Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri menggelar pertemuan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) di Kantor Bappeda Jeneponto.

JENEPONTO, RAKYATSULSEL - Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri menggelar pertemuan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) di Kantor Bappeda Jeneponto, Rabu (12/6/2024) kemarin.

Dalam pertemuan kali ini, Pj Bupati Jeneponto.Junaedi Bakri menyampaikan kepada perwakilan JICA untuk membantu dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang dimana BUMDes diharapkan kedepannya dapat menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jeneponto, bersanding dengan koperasi dan usaha mikro, kecil dan Menengah (UMKM).

“BUMDes memiliki potensi besar untuk memberdayakan masyarakat desa dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan dukungan JICA, kami berharap BUMDes dapat berkembang lebih optimal dan menjadi motor penggerak ekonomi desa yang sejajar dengan koperasi dan UMKM,” ujar Junaedi Bakri.

JICA sebagai lembaga yang berfokus pada pembangunan internasional, diharapkan dapat memberikan berbagai bentuk bantuan teknis dan finansial untuk meningkatkan kapasitas BUMDes di Jeneponto. Dan dari hasil pertemuan kali ini JICA akan membantu peningkatan kapasitas SDM Pengelola BUMDes dan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jeneponto.

Pertemuan hari ini fokus pada FGD terkait desain pelatihan dan kurikulum yang akan dipakai dalam pelatihan agar betul- betul bisa bermanfaat bagi masyarakat.

JICA juga menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan komitmen mereka untuk mendukung pengembangan BUMDes di Jeneponto. Mereka menilai bahwa penguatan ekonomi desa merupakan salah satu kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. (Zadly)

  • Bagikan