Dinkes Periksa Kesehatan Para Petugas Kebersihan di Bulukumba

  • Bagikan
Dinas Kesehatan Bulukumba melakukan pemeriksaan kesehatan bagi petugas kebersihan.

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulukumba, melakukan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi petugas kebersihan. 

Kepala Dinas DLHK Bulukumba Andi Uke Indah Permatasari, menjelaskan, kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali. Hal itu untuk memastikan petugas dalam kondisi sehat dalam menjalankan aktivitasnya.

"Ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bulukumba kepada petugas kebersihan," ujar Andi Uke Indah Permatasari di sela-sela pemeriksaan kesehatan, di lantai dasar Masjid Islamic Center Dato Tiro.

Mantan pelaksana tugas (Plt) Kadis DPMD Bulukumba ini, mengemukakan, bahwa ada 220 petugas kebersihan. Hanya saja, pemeriksaan kesehatan gratis ini, tak dilakukan sekaligus secara bersamaan. Tahap pertama, ada 100 petugas kebersihan yg diperiksa.

Pemeriksaan kesehatan kepada petugas kebersihan meliputi tekanan darah, gula darah, dan pemeriksaan antropometri. Upaya ini merupakan langkah nyata untuk mendorong para petugas kebersihan untuk memantau kesehatan mereka secara berkala.

Sementara, Kadis Kesehatan Bulukumba dr H Muhammad Amrullah mengemukakan, sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis itu, sebagai upaya dalam meningkatkan kesehatan tempat kerja.

Tujuannya untuk mendorong penerapan gaya hidup sehat dan mencegah munculnya penyakit (PTM) di lingkungan kerja.

Amrullah berpandangan, bahwasanya peningkatan kasus PTM seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan kanker menjadi perhatian serius karena prevalensinya yang semakin meningkat di kalangan pegawai. 

Sosialisasi ini tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai faktor risiko PTM, tetapi juga menekankan pentingnya deteksi dini dan pencegahan. Dengan mengenali gejala awal PTM dan melakukan upaya pencegahan, maka pegawai dapat terhindar dari komplikasi penyakit yang lebih serius.(Sal)

  • Bagikan