Anak-Anak Makassar Dapat Nikmati Promo di Gerai Mainan dan Restoran Hanya Dengan Tunjukkan KIA

  • Bagikan
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Muhammad Hatim.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar menawarkan berbagai keuntungan bagi warga yang memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). 

Salah satunya yakni potongan harga (diskon) di sejumlah restoran cepat saji dan gerai mainan anak.

Diskon ini dapat dinikmati di Time Zone, Toys Kingdom, Alcha, Milk Baby Shop, Mom n Jo Spa, Istana Mainan Makassar, dan Gramedia.

 "Dengan menunjukkan KIA, warga bisa mendapatkan harga promo," ucap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Muhammad Hatim.

Hatim mengungkapkan pemberian diskon ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua di Kota Makassar akan pentingnya memiliki KIA bagi anak-anak mereka. Langkah ini, kata dia, sejalan dengan instruksi Pemerintah Pusat untuk memperluas cakupan KIA.

Program ini terbukti efektif, terlihat dari serapan KIA di Kota Makassar yang telah mencapai 51 persen. 

"Dari total lebih dari 490 ribu anak di Makassar, lebih dari 500 ribu sudah memiliki KIA. Kami menargetkan tahun ini serapan KIA bisa mencapai 75 persen," terang Hatim.

Selain itu, KIA pun dapat digunakan sebagai dasar untuk membuka rekening tabungan atau sebagai persyaratan untuk membuat asuransi anak.

 "Tidak perlu menunjukkan Kartu Keluarga, cukup pakai KIA saja," tambah Hatim.

KIA diperuntukkan bagi anak berusia 1 hari hingga 1 hari sebelum berusia 17 tahun. Hatim menjelaskan proses mendapatkan KIA cukup mudah, masyarakat hanya perlu menunjukkan Kartu Keluarga.

 Untuk anak berusia 5 tahun ke atas, tambahan persyaratan berupa foto berukuran 3x4 juga diperlukan. (Shasa/A)

  • Bagikan