BPTD Kelas II Sulsel Imbau Perhatikan Kondisi Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hari Raya Iduladha tahun 2024 sudah berlalu, masyarakat akan kembali aktif bekerja, tak sedikit juga masyarakat yang bekerja diluar kota. Perjalanan jauh kembali akan ditempuh, mereka harus kembali ke kota atau kabupaten tempat mereka bekerja, hal itu juga berlaku di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hanya saja untuk kembali melakukan perjalanan, kesiapan kendaraan harus diperhatikan dengan telaten baik penyelenggara angkutan umum maupun individu yang akan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sulsel, Bahar Latif menyampaikan sebelum melakukan perjalanan sebaiknya masyarakat terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap kelayakan kendaraan.

Ia menegaskan, melakukan pemeriksaan kendaraan tentu menjadi bagian paling penting sebelum melakukan perjalanan, sebab acapkali masyarakat sibuk mempersiapkan persiapan lainya, terutama terburu-buru saat akan bermudik maupun kembali ke tempat kerja.

“Sebelum melakukan perjalanan, persiapan itu tidak hanya memilih waktu dan rute perjalanan dengan tepat,  tetapi juga tentang memastikan kesiapan kendaraan,” ujarnya, Selasa (18/6/2024).

Ia melanjutkan, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan tentu harus memperhatikan dokumen terkait dengan perjalanan, seperti sim dan surat kendaraan agar tidak menjadi penghambat dalam proses perjalan.

Terlebih lagi proses persiapan peralatan kesehatan yang sangat menunjang perjalanan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama untuk penyelenggara angkutan umum untuk senantiasa menyediakan yang berkaitan dengan pertolongan pertama.

“Masyarakat juga jangan melupakan dokumen penting yang berkaitan dengan perjalanan dan kebutuhan lainya, pun dengan kebutuhan perlengkapan kesehatan,” ungkapannya.

Lanjut, menaati peraturan lalu lintas juga merupakan salah satu kunci untuk menciptakan perjalan yang aman selamat sampai tujuan.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk beristirahat jika dalam perjalan sudah mulai lelah dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan pemerintah seperti rest area ataupun tempat beristirahat lainnya yang berada disekitar pelintas rute yang dilalui.

“Kalau sudah mulai lelah sebaiknya beristirahat secara teratur dan menggunakan rest area yang telah disediakan,” imbaunya. (Abu/A)

  • Bagikan