PD Pasar Makassar Siap Lakukan Perbaikan Empat Kios yang Terbakar di Pasar Daya

  • Bagikan
Plt Dirut PD Pasar Makassar, Syamsu Bahri, saat ditemui di Kantor Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Rabu (19/6).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Perumda (PD) Pasar Makassar akan melakukan perbaikan terhadap empat unit kios yang terbakar di Pasar Daya yang terjadi pada Selasa (18/) malam, kemarin. 

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 22.00 Wita saat Pasar Daya telah tutup. Peristiwa itu menghanguskan empat unit kios yang terdiri dari dua unit kios aktif dan dua unit kios yang kosong. Ukuran kios masing-masing berukuran 2 x 1,5 meter dengan total sekitar 5 meter. 

"Tidak besar, cuma namanya aktivitas jualan ada musibah kebakaran, tentu itu sedikit memberikan keperhatinan terhadap lokasi tersebut," terang Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Makassar, Syamsu Bahri, saat ditemui di Kantor Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Rabu (19/6). 

Atas peristiwa tersebut, Syamsu Bahri menegaskan pihaknya akan melakukan perbaikan kepada empat unit kios tersebut untuk memulihkan aktivitas pedagang. 

"Sesegera mungkin supaya aktivitas pedagang kembali kepada yang bersangkutan, kami memberikan fasilitas kemudahan kepada korban kebakaran ini," ucap Syamsu, saat ditemui di Kantor Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Rabu (19/6). 

Perbaikan ini, kata Syamsu,  untuk meringankan kewajiban-kewajiban pedagang termasuk bagaimana membantu memperbaiki sarana tempat penjualannya. 

Sementara itu, untuk jumlah kerugian yang dialami pedagang, Syamsu mengaku belum dapat dipastikan karena dari empat kios yang terbakar, dua kios di antaranya kosong. 

" Mungkin bisa dicek di korban karena macam-macam barang yang diperjualkan," ucap Syamsu. 

Syamsu Bahri menceritakan kronologi peristiwa kebakaran terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 22.00 Wita. Di mana, warga sekitar yang melihat percikan api segera melaporkan kejadian tersebut dan berkoordinasi dengan petugas keamanan pasar.

“Sudah tidak ada (aktivitas di dalam pasar). Kami (PD Pasar) langsung menghubungi pemadam kebakaran dari kawasan Kima,” ujar Syamsu. 

Ia melanjutkan, kobaran api berhasil dikendalikan sekitar setengah jam sebelum menyebar luas. Namun, penyebab pastinya masih menunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian dan pengujian laboratorium. 

"Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa dipadamkan dengan posisi tadi malam kurang lebih hanya setengah jam petugas datang dan dibantu masyarakat seperti pedagang disitu yang berdomisili disitu," jelas Syamsu. 

Syamsu menyebut saat ini pihak kepolisian melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab utama kebakaran di Pasar Daya. Tak hanya itu, kios yang terbakar telah memasang garis polisi di lokasi kebakaran untuk mengamankan barang-barang yang masih utuh. 

 “Langkah ini untuk menghindari pengambilan barang-barang berharga yang tersisa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” tutup Syamsu. (Shasa/B)

  • Bagikan