Petinggi TNI-POLRI Kunjungi Lokasi dan Tanam Bibit Pisang Cavendish di Bone

  • Bagikan
Polda Sulsel bersama Petinggi TNI Sulsel saat meninjau pisang Cavendish yang telah berbuah

BONE, RAKYATSULSEL - Momen langka terjadi di Kecamatan Mare, tepatnya di lokasi kebun pisang Cavendish di Desa Tellongeng, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Rabu (19/6/2024).

Pasalnya, lima Jenderal yang merupakan para petinggi TNI-POLRI berkumpul menyatu di kebun pisang Cavendish dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Kelima Jenderal tersebut yakni Kapolda Sulsel, Irjen Andi Rian R Djajadi, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., Danlantamal VI Makassar, Brigjen TNI (Marinir) Andi Rahmat dan Danrem 141/TP.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Andi Rian R Djajadi mengemukakan bahwa kehadiran mereka di Kabupaten Bone, tidak memiliki maksud dan tujuan apa-apa. Semata-mata untuk membantu perekonomian di Sulawesi Selatan.

"Kami ke sini tidak punya tujuan selain untuk membantu meningkatkan perekonomian di Sulawesi Selatan. Kami tak punya maksud apa-apa selain masyarakat," ujar Irjen Andi Rian R Djajadi, di tengah-tengah lokasi kebun pisang Cavendish.

Pada kesempatan tersebut, Irjen Andi Rian R Djajadi juga berjanji akan menghadirkan Panglima TNI dan Kapolri di kebun pisang Cavendish.

"Pada panen perdana pisang Cavendish di Mare, saya akan berusaha menghadirkan Panglima TNI dan Kapolri untuk menyaksikan langsung panen perdana pisang Cavendish," ujar Irjen Andi Rian R Djajadi.

Ia juga akan berupaya menjadikan pisang Cavendish sebagai salah satu produk unggulan ketahanan pangan Sulawesi Selatan. Apalagi Provinsi Sulawesi Selatan memiliki luas sekira 5 juta hektare are (ha) dan menjadi salah satu provinsi lumbung padi.

"Sulawesi Selatan memiliki luas sekira 5 juta ha, dan bisa menjadi lumbung dengan luas persawahan hanya sekira 700 ha. Jadi masih luas lahan yang belum terolah yang jumlahnya mencapai jutaan ha," ujarnya lagi.

"Ada sekira 4 juta ha lahan yang harus kita manfaatkan selain daripada persawahan. Komoditi pertanian kita bukan hanya padi/beras. Masih banyak komoditi hortikultura lainnya, seperti jagung dan pisang," tambahnya.

"Kita pernah berupaya membantu masyarakat menanam jagung. Saat jagung berhasil dan panen jagung berhasil tiba-tiba harga anjlok. Ada apa ya?," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, para petinggi TNI-POLRI Sulawesi Selatan yang juga merupakan Unsur Forkopimda Sulawesi Selatan, sekaligus melakukan penanaman bibit pisang Cavendish di Sanrego Desa Tellongeng Kecamatan Mare bersama Pj. Bupati Bone dan unsur Forkopimda Kabupaten Bone. (Enal)

  • Bagikan