Ujian Akhir Mata Kuliah Akuntansi Biaya, Mahasiswa UC Bantu UMKM Susun Laporan Keuangan 

  • Bagikan
Ujian Akhir Mata Kuliah Akuntansi Biaya, Mahasiswa UC Bantu UMKM Susun Laporan Keuangan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kelompok mahasiswa dari Universitas Ciputra (UC) Makassar menunjukkan dedikasi dengan membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Manufaktur Polyflex Expert Production Medan. 

Selama tiga minggu, mahasiswa  UC terlibat aktif dalam pembuatan laporan akuntansi biaya, sebagai bagian dari penerapan ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah.

Kelompok mahasiswa ini terdiri dari enam orang ini menjalankan kegiatan yang merupakan bagian dari ujian akhir mata kuliah Akuntansi Biaya, di mana mereka mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka ke dalam praktik nyata.

"Dalam rangka menjalankan ujian akhir mata kuliah Akuntansi Biaya, kelompok mahasiswa tersebut menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM lokal melalui pengabdian masyarakat. Salah satu bentuk kontribusi yang mereka berikan adalah dengan membantu UMKM dalam menyusun laporan keuangan yang lebih terstruktur," ujar Dosen pengampuh mata kuliah, Salmah.

"Selama periode tiga minggu sejak pertengahan bulan Mei, para mahasiswa ini melakukan wawancara secara daring dengan kepala cabang Polyflex Expert Production Medan dan menyusun laporan keuangan bulanan dengan bimbingan dosen. Laporan keuangan yang disusun meliputi empat laporan utama: neraca, laba rugi, perubahan ekuitas, dan arus kas," tambah Salmah

Salmah, juga menekankan pentingnya edukasi bagi UMKM lokal terkait manajemen keuangan yang sehat. "Program pengabdian ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada UMKM, tetapi juga memperkuat keterampilan mahasiswa dalam berinteraksi dengan dunia usaha yang sebenarnya," ujarnya.

Program pengabdian masyarakat, khususnya kepada UMKM, merupakan salah satu pilar penting dalam misi UC Makassar untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Diharapkan bahwa program-program semacam ini akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat sekitar.

Salah satu perwakilan mahasiswa, Brigitta Maggie Wijaya, menyampaikan pengalamannya, “Pengabdian ini merupakan sebuah tantangan dan pengalaman baru bagi kami. Walaupun kami terpisah antara Makassar dan Medan, kami tetap mampu memberikan kontribusi kepada UMKM Manufaktur Polyflex Expert Production Medan dalam pengelolaan keuangan sehari-hari untuk mengembangkan UMKM lokal.” ujarnya 

Kepala cabang UMKM yang menerima manfaat dari program ini memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kontribusi dan kerja sama yang terjalin dengan mahasiswa UC Makassar. Ia menyatakan bahwa bantuan dari mahasiswa ini sangat berharga dalam memperbaiki struktur keuangan perusahaan. (Hikmah/B)

  • Bagikan