Andi Iwan Darmawan Aras Wakili DPR RI Kunjungan Kerjasama Bilateral dengan Parlemen Canada

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras memberikan cinderamata kepada Senator Clement Gignac dalam kunjungan Kerja Sama Bilateral dengan Parlemen Canada, di Ottawa, Canada. Kamis, 20 Juni 2024.

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mewakili DPR RI melakukan kunjungan Kerja Sama Bilateral dengan Parlemen Canada yang diwakili oleh Senator Clement Gignac, di Ottawa, Canada. Kamis, 20 Juni 2024.

Andi Iwan Aras mengatakan ada banyak hal yang dibahas dengan Senator Clement Gignac antara lain di bidang ekonomi, politik, hingga sosial budaya.

"Kerjasama ini penting untuk terus kita bangun, apalagi Pemerintah Kanada juga punya banyak program konkrit dan ini penting untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat di Indonesia," kata Ketua DPD Gerindra Sulsel ini.

Andi Iwan Aras menjelaskan, pertemuannya dengan Senator Clement juga membahas bagaimana kerja sama kedua negara (Indonesia - Canada) di bidang ekonomi khususnya perdagangan bisa ditingkatkan.

Diketahui hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kanada dimulai sejak ditandatanganinya persetujuan kedua negara untuk masing-masing membuka perwakilan diplomatik pada tanggal 9 Oktober 1952. Secara historis hubungan kedua negara sudah dimulai sejak tahun 1948, yaitu di tengah usaha Indonesia mencari dukungan politik serta pengakuan internasional di forum PBB atas kemerdekaannya yang diproklamasikan 17 Agustus 1945.

Dalam hal ini, Jenderal McNaughton (Kanada) sebagai Presiden DK-PBB di tengah keadaan yang tidak menentu pada pasca-Perang Dunia II berperan dalam menentukan keberhasilan diadopsinya suatu resolusi yang pada akhirnya menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat. Dukungan Kanada terus berlanjut melalui program Colombo Plan tahun 1950-an. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version