Enam Jemaah Haji Asal Sulsel Wafat di Saudi Arabia

  • Bagikan
Kabid PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ikbal Ismail

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepulangan Jemaah Haji ke Tanah Air akan dimulai pada 22 Juni 2024 ini, namun sebanyak 14 Jemaah haji Debarkasi Makassar wafat di Saudi Arabia. 

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail menyampaikan dari 14 jemaah haji Debarkasi Makassar yang wafat itu enam diantaranya adalah jemaah haji asal sulsel.

Ia melanjutkan, untuk jemaah haji asal Provinsi sulawesi barat (Sulbar) sebanyak satu orang, sulawesi tenggara (Sultra) sebanyak tiga orang, Maluku Utara dua orang, Maluku satu orang, papua Barat satu orang.

Ia menyampaikan secara keseluruhan jemaah Debarkasi Makassar yang wafat itu sebanyak 15 orang, hanya saja satu orang meninggal saat transit di Asrama Haji.

“Kalau meninggal saat transit itu satu orang jamaah dari Provinsi Gorontalo,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, jika berdasarkan jenis kelamin secara keseluruhan untuk Jemaah ji laki-laki yang meninggal  itu sebanyak 12 orang dan untuk perempuan itu sebanyak tiga orang.

Jika merujuk pada rentan usia, sebanyak dua orang dengan rentan usia 41-50 tahun, lalu empat orang dengan rentan usia 51-60 tahun, lima orang dengan rentan usia 61-70 tahun, sebanyak dua orang dengan rentan usia 71-80 tahun dan dua orang dengan rentan usia 81-90 tahun.

Kata dia, rata-rata jemaah tersebut meninggal karena penyakit bawaan dari para jemaah haji.

“Rata-rata itu riwayat penyakitnya serangan jantung,” ungkapnya kepada Rakyat Sulsel, Jumat (21/6/2024).

Ia berharap proses kepulangan jemaah haji debarkasi Makassar berjalan dengan lancar dan selamat sampai di Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Mudah-mudahan jemaah haji kita pulang dengan sehat dan selamat sampai tujuan di Asrama haji sudiang Makassar,” kuncinya. (Abu/A)

  • Bagikan