Kembangkan Wisata Berkualitas, Komisi X DPR RI Serap Aspirasi di Poltekpar Makassar

  • Bagikan
Anggota Komisi X DPR RI, Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki saat berkunjung ke Poltekpar Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menjadi tuan rumah dalam acara Kunjungan Kerja Panja RUU, Anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki, Jumat (21/6/2024).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyerap aspirasi publik khususnya di Sulawesi Selatan terkait RUU tentang Kepariwisataan. Dalam kegiatan ini, sebanyak 14 masukan disampaikan oleh peserta yang terdiri dari dosen, akademisi, dan mahasiswa.

Zainuddin Maliki mengapresiasi Poltekpar Makassar, menyebutkan bahwa kunjungan kali ini sangat produktif dengan banyaknya aspirasi yang terserap.

"Kunjungan kami ke Poltekpar Makassar luar biasa produktif. Ada 14 masukan yang sangat membantu kami dalam proses menyusun undang-undang penggantian Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009, yang kini tahapannya sudah memasuki harmonisasi di badan legislasi," ujarnya.

"Mudah-mudahan undang-undang pariwisata yang baru dapat benar-benar mengubah paradigma kita dari fokus pada jumlah wisatawan menjadi wisata berkualitas dan berkelanjutan, serta memastikan regeneratif input, proses, dan outcome-nya," tambah Zainuddin.

Zainuddin juga berharap undang-undang yang baru dapat mengatasi kekurangan-kekurangan yang selama ini dihadapi, terutama di sisi infrastruktur dan kebersihan. "Indonesia ini kaya akan sumber daya alam, tetapi kita masih miskin budaya kebersihan. Ini yang harus ditingkatkan," bebernya.

Sejalan dengan itu, Herry Rachmat Widjaja menyatakan bahwa sebagai kampus pariwisata yang berada di daerah bahari, Poltekpar Makassar akan fokus mengembangkan wisata bahari.

"Posisi Poltekpar Makassar di wilayah Indonesia Timur yang kaya wisata bahari akan kami kembangkan. Mahasiswa kami juga akan dilatih cara mempromosikan wisata bahari termasuk dengan cerita rakyat," pungkasnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan

Exit mobile version