Survei Pilkada Kolaka Utara: Elektabilitas Sumarling Majja Ungguli Petahana

  • Bagikan
Bakal Calon Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sumarling Majja (tengah). Hasil survei terbaru, namanya berada di posisi puncak elektabilitas.

KOLAKA UTARA, RAKYATSULSEL - Bakal calon Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sumarling Majja semakin optimis menatap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebab, selain mendapat dukungan partai politik (parpol), hasil surveinya juga tertinggi dibanding kandidat lainnya. Bahkan, mengalahkan elektabilitas bakal calon bupati petahana, Nur Rahman Umar.

Berdasarkan hasil survei dari lembaga survei yang telah diakui kredibilitasnya dan beredar luas di masyarakat, menempatkan Sumarlin Majja sebagai top of mind elektabilitas Bupati Kolaka Utara sebesar 23%. Kemudian, disusul Nur Rahman Umar (20,2%), Anton (11,7 %), Abbas (10,1%), dan masih ada beberapa bacalon bupati yang terekam dibawah 10 %.

Tim Sumarling Majja yang enggan disebut namanya, menyambut positif hasil survei tersebut. Dia mengaku sudah mengetahui hasil survei yang telah beredar luas di masyarakat tersebut. Menurutnya, hasil survei itu menggambarkan, kerja tim selama ini sudah tepat dan efektif

“Tapi kami sadar semua masih berproses. Belum menjamin kemenangan. Makanya, kami akan terus bergerak, supaya bisa mendapat hasil maksimal pada Pilkada Kolaka Utara, November 2024 mendatang,” ungkapnya, Sabtu (22/6/2024).

Hasil survei tersebut, lanjut dia, memberikan gambaran sekaligus optimisme, bahwa Sumarlin Majja paling diingat masyarakat dan bisa memenangkan Pilkada Kolaka Utara (Kolut).

“Hasil survei ini, semakin menguatkan tim untuk memenangkan Pilkada Kolaka Utara. Kami juga berharap, dukungan seluruh masyarakat Kolaka Utara supaya bersama Sumarlin Majja melanjutkan pembangunan di daerah,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Sumarling Majja menggandeng H. Timber sebagai pasangan untuk maju Pilkada Kolaka Utara. Sejauh ini, pasangan Sumarling Majja-Timber sudah mengantongi rekomendasi (dukungan) dari dua partai besar, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat. Kendati begitu, Sumarling-Timber terus membangun komunikasi dengan parpol lain.

Dukungan dari PPP dan Demokrat menjadi modal penting bagi pasangan Sumarling-Timber. Sebab, jika dua partai ini akhirnya mengusung keduanya, itu sudah memenuhi syarat pencalonan.

PPP punya 2 kursi di parlemen Kolaka Utara, sedangkan Partai Demokrat punya 3 kursi. Dua partai ini sudah memenuhi syarat pencalonan, yakni 5 kursi.

“Kami juga tetap membangun komunikasi politik dengan partai lainnya, seperti Nasdem dan Gerindra. Saya optimis, dukungan dari partai lain akan berlabuh kepada pasangan Sumarling-Timber,” ungkap Sumarling, baru-baru ini.

Sumarling juga mengaku optimistis, bisa meraih kemenangan pada pesta demokrasi 5 tahunan ini. Apalagi hasil survei internal memposisikan dirinya unggul di atas kandidat lain.

“Saya yakin bisa menjadi pemenang. Kami tak hanya sekedar mengklaim sebab itu sudah menjadi fakta di lapangan. Dengan amunisi yang kita miliki, In Sya Allah kita bisa menang,” imbuhnya. (*)

  • Bagikan