Buyer Mesir Raih Peringkat Utama dalam Business Matching BSI International Expo 2024

  • Bagikan
Buyer dari Mesir meraih peringkat pertama dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembelian produk unggulan Indonesia pada acara Business Matching di BSI International Expo 2024.

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Keberhasilan seorang buyer dari Mesir meraih peringkat pertama dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembelian produk unggulan Indonesia pada acara Business Matching di BSI International Expo 2024, menjadi sorotan utama dalam pameran ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal yang digelar oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) di Hall B Jakarta Convention Center (JCC).

Transaksi yang berhasil direalisasikan mencatatkan potensi senilai USD 6,691,333 atau sekitar Rp 110,25 miliar. Business Matching menjadi salah satu agenda utama dalam BSI International Expo 2024 yang bertujuan menghubungkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia dengan pasar global.

Penyerahan penghargaan kepada buyer Mesir dilakukan pada tanggal 23 Juni 2024, saat penutupan acara BSI International Expo 2024.

Momentous ini disaksikan oleh Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti S., Anna Kristanty dari Group Head International & Financial Institution Group BSI, Anton Sukarna, Direktur Penjualan & Distribusi BSI, Eriklex Donald Sahusilawane, Direktur Inovasi dan Kewirausahaan Universitas Dian Nusantara sebagai Mitra Bisnis BSI.

Partisipasi buyer Mesir dalam acara Business Matching ini dipermudah oleh kerja sama antara KBRI Kairo dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), yang bertujuan untuk memperluas akses pasar bagi UMKM Indonesia di tingkat internasional.

M. Syahran Bhakti S. menjelaskan bahwa produk-produk komoditas halal Indonesia tetap diminati oleh buyer dan pelaku usaha Mesir. Peluang untuk eksplorasi dan negosiasi harga masih sangat terbuka lebar.

Beberapa produk yang diminati dan berhasil diperdagangkan antara lain kopi dan minuman coklat dari Delta Sweets Egypt dengan UMKM Binaan PT Sarinah, produk herbal drink antara Delta Sweets dengan Gundanesia Indonesia, produk mete peanut dan Po'ong Coffee antara Seagul Egypt dengan Sentra IKM, Labuan Bajo.

Selain itu, produk Tempeh Chips antara Seagul Egypt dengan PT Arva Indonesia, produk briket arang kelapa antara PT Ragaplasma dengan Egyptian Coconut Charcoal, serta biji kopi robusta antara Indra Brother Indonesia dengan Food Land Import & Export Egypt.

Anna Kristanty mengapresiasi dukungan dari KBRI Mesir dan minat yang besar dari buyer Mesir terhadap produk-produk Indonesia. Capaian transaksi tertinggi oleh buyer Mesir menegaskan posisinya sebagai yang terdepan di antara buyer internasional dalam acara Business Matching BSI International Expo 2024.

Dalam kesempatan terpisah, Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, menyambut baik fasilitasi Business Matching yang diadakan oleh Bank Syariah Indonesia dalam BSI International Expo ini sebagai platform penting untuk membangun hubungan bisnis dan meningkatkan pemahaman akan minat buyer potensial dari Mesir.

Menurut Dubes Lutfi, kolaborasi antar stakeholder di Indonesia sangat penting untuk memastikan produk yang dihasilkan sesuai dengan harapan pasar global. Ia berharap Indonesia dapat terus mengembangkan industri halal menjadi pusat industri global di masa depan.

Sementara itu, Hery Gunardi, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), menyatakan harapannya bahwa kesuksesan BSI International Expo tahun ini dapat memberikan dorongan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi halal di Indonesia, sambil mempromosikan literasi dan inklusi ekonomi halal.

Dengan capaian ini, KBRI Kairo dan BSI berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha Indonesia dalam memperluas jangkauan mereka ke pasar global, khususnya di wilayah Timur Tengah. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version