Coklit Serentak KPU Gowa Dimulai Hari Ini

  • Bagikan
Petugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Gowa.

GOWA, RAKYATSULSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa hari ini resmi memulai tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Pilkada 2024. Sebelumnya, KPU melantik 2.036 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

"Untuk pelantikan Pantarlih, dilakukan pada 24 Juni di masing-masing Kelurahan/Desa. Pelantikan dilakukan oleh Ketua PPS masing-masing," ucap Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul, Senin (24/6/2024).

Setelah pelantikan Pantarlih, kegiatan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (bimtek) dan pemutakhiran data pemilih atau coklit. Proses coklit diawali dengan mendatangi tokoh masyarakat dan tokoh agama di masing-masing wilayah.

"Sebelum memulai coklit, ada bimtek sebagai pembekalan kepada petugas Pantarlih. Kami juga mengadakan apel bersama untuk menandai kesiapan Pantarlih dalam melakukan e-coklit serentak," lanjut Fitra.

Setelah pembekalan, petugas Pantarlih akan mendatangi tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk melakukan coklit sebagai simbolis bahwa tahapan Pilkada telah dimulai.

"Ada banyak tokoh yang akan didatangi, sudah dipetakan di masing-masing wilayah. Hari ini saya turut mendampingi pencoklitan bersama PPS Romangpolong, didampingi langsung oleh Sekcam dan Kasek PPK Sombaopu, Muh. Zulfikar Hasanuddin," tambahnya.

Fitra juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gowa untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada Serentak dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh Pantarlih saat melakukan pencoklitan door to door, serta selalu mensosialisasikan kegiatan Pilkada kali ini. Coklit ini akan berlangsung selama satu bulan, mulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024. (Abdul Kadir)

  • Bagikan