Lakukan Pengawasan Melekat, Bawaslu Makassar Pastikan Pantarlih Datangi Langsung Pemilih

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar akan melakukan pengawasan melekat saat Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) turun ke rumah masyarakat yang dimulai 24 Juni - 24 Juli 2024.

"Jadi tiga hari kedepan ini, kami akan melakukan pengawasan melekat," tegas ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2024).

Setelah melakukan pengawasan melekat, pihaknya juga akan melakukan uji petik, terhadap pendataan data pemilih Pantarlih. Karena pengalaman saat pencocokan data Pemilihan Pileg kemarin masih ada rumah tidak didatangi hingga yang melakukan Coklit bukan orang dilantik.

"Ada yang melakukan pencocokan data bukan orang dilantik, mungkin karena keluarganya atau anaknya yang membantu. Ini semua sudah kami sampaikan ke teman-teman KPU agar tidak ada lagi melakukan pencocokan bukan orang yang dilantik," ujarnya.

"Kami juga sudah sampaikan, Pantarlih ini tidak mendatangi rumah orang dan ini menjadi titik rawan saat pemutakhiran data, jadi kami akan terus melakukan pengawasan jika mereka betul-betul turun melakukan pencocokan," lanjutnya.

Dede juga mengakui jika Makassar ini sebagian besar warganya susah ditemui di siang hari, karena faktor pekerjaan dan ini pasti menyusahkan Pantarlih karena harus mendatangi rumah warga di sore hari atau malam hari.

"Jadi kami berharap para Pantarlih benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik," tutupnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan

Exit mobile version