Pilkada Bone: Andi Asman dan Andi Islamuddin Penantang Kuat Andi Rio

  • Bagikan
Direktur PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bone diprediksi akan seru, selain ada anggota DPR RI, Andi Rio Padjalangi, Andi Akmal Pasluddin, ada juga kandidat pendatang baru dan akan menjadi penantang kuat yakni Andi Asman Sulaiman, Andi Islamuddin dan Yasir Machmud yang mampu bersaing di bumi Arung Palakka November nanti.

Direktur PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan, Andi Asman Sulaiman dan Andi Islamuddin dianggap pendatang baru di Pilkada Bone yang memiliki kapasitas dan ketokohan yang kuat.

"Andi Asman Sulaiman telah berjasa membangun dunia pertanian dan dia kuat secara politik, karena adik menteri pertanian (Amran Sulaiman). Sedangkan Andi Islamuddin selaku Pj bupati juga memiliki kapasitas ketokohan serta jaringan keluarga besar di Bone," kata Suwadi Idris.

Dirinya menyebutkan, Andi Asman Sulaiman saat ini survei elektabilitasnya di urutan kedua bersaing ketat Andi Rio Padjalangi yang teratas. Sedangkan Andi Islamuddin berada di urutan keempat tertinggi elektabilitasnya. Sementara Andi Akmal kata Suwadi hanya berada di urutan kelima.

"Artinya secara data ilmiah Andi Asman dan Andi Islamuddin adalah pesaing kuat Andi Rio di pilkada bone 2024 ini," ujarnya.

Apalagi kata Suwadi, jika Andi Asman Sulaiman menggabungkan kekuatannya di pilkada Bone, melalui Amran Sulaiman.

"Maka potensi mereka mengunci kemenangan cukup terbuka lebar," ucapnya.

Sedangkan Andi Rio dianggap kuat jika menggabungkan kekuatan dengan dengan kubu Andi Islamuddin. "Yang artinya kubu Andi Islamuddin kuat jika koalisi salah satu dari figur Andi Asman atau Andi Rio," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan