Pilkada Bantaeng 2024: Uji-SAH Siap Deklarasi, Lawan Ilham-Kanita

  • Bagikan
Hasil survei lembaga CIGMark

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Setelah unggul dalam survei lembaga CIGMark, bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng 2024, Fathul Fauzi Nurdin alias Uji dan Sahabuddin (Uji-SAH), siap melakukan deklarasi dalam waktu dekat.

Fathul Fauzi Nurdin, bakal calon Bupati Bantaeng, menyatakan bahwa jadwal deklarasi akan dilakukan pada awal bulan Juli. Namun, mereka masih harus menyelesaikan dukungan dari partai koalisi terlebih dahulu.

"Insya Allah, pasangan Uji-SAH sudah final. Jika dukungan dari semua partai sudah rampung, kita akan deklarasi," ucap Uji pada Rabu (26/6/2024).

Pasangan Uji-SAH akan bersaing dengan pasangan petahana, Ilham Syah Azikin dan Nurkanita Marruddani Kahfi (Ilham-Kanita), yang didukung oleh Partai NasDem dan PAN.

Survei terbaru di Bantaeng 2024 menunjukkan bahwa pasangan Uji-SAH, dengan tagline "Bantaeng Bangkit", selalu berada di posisi teratas dalam survei, mengalahkan bakal calon petahana, Ilham Syah Azikin.

Dalam simulasi dua pasangan calon, paket Uji-SAH unggul dengan 55 persen melawan pasangan Ilham Syah Azikin-Nurkanita Marruddani Kahfi yang memperoleh 33,5 persen, sementara 11,5 persen responden belum memutuskan. Dalam simulasi kedua, melawan pasangan Ilham Syah Azikin-Andi Sugiarti Mangun Karim, Uji-SAH tetap unggul dengan 54,8 persen melawan 33,3 persen.

Ketokohan Sahabuddin sebagai wakil bupati periode sebelumnya memang tak tertandingi. Dari lima nama yang mencuat, Sahabuddin, yang juga Ketua DPD PKS Bantaeng, unggul dengan 20 persen. Nurkanita Kahfi mendapat 6,5 persen, Andi Sugiarti 5,5 persen, M Fathul Fauzy Nurdin 5,3 persen, Ilham Syah Azikin 3 persen, dan 59,8 persen belum memutuskan.

Fathul Fauzi Nurdin Abdullah menyambut baik hasil survei CIGMark Research and Consulting yang diumumkan pada bulan Juni ini. "Saat ini, Uji terus berkomunikasi jelang Pilkada 2024. Apalagi, tahapan pendaftaran di partai politik sudah dibuka," jelas Uji.

Uji telah diusulkan oleh DPD I Golkar Sulsel sebagai bakal calon Bupati Bantaeng. Putra mantan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah ini juga terus berkomunikasi dengan beberapa partai politik lainnya.

Koalisi Golkar dan PKS di Pilkada Bantaeng memiliki jumlah kursi yang cukup besar, dengan Golkar memiliki 4 kursi dan PKS memiliki 5 kursi, total 9 kursi, melebihi syarat minimal 6 kursi.

Uji mengakui bahwa ayahnya, mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA), dipastikan akan mendukung penuh dalam pemenangan Uji-SAH di Pilkada Bantaeng pada 27 November 2024 mendatang. "Pak NA sudah memberikan restu dan akan turun gunung untuk mendukung kita. Insya Allah, kita bisa menang bersama di Bantaeng," kata Uji.

Uji juga mengatakan bahwa dirinya dan Sahabuddin, mantan Wakil Bupati Bantaeng, hampir pasti akan diusung oleh PKS (5 kursi) dan Golkar (4 kursi). Pasangan ini telah memiliki tagline 'Bantaeng Bangkit'. "Sementara ini, Golkar dan PKS sudah final. Namun, kita tetap membangun komunikasi dengan partai lainnya dan berharap PPP bisa bergabung," harapnya. (Yadi/A)

  • Bagikan