PKM-PM Fikom UMI Gelar Holofive Action untuk Meningkatkan Pemahaman Salat Siswa SDIT Raffasya Makassar

  • Bagikan
HOLOFIVE ACTION. Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) menggelar Holofive Action di SDIT Raffasya Makassar, Rabu (25/6/2024). foto: istimewa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan pendidikan agama melalui kegiatan Holofive Action yang digelar Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM).

Kegiatan ini dilaksanakan di SDIT Raffasya Makassar, dengan tujuan utama untuk meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa kelas 1 terhadap pembelajaran salat lima waktu.

Tim PKM-PM Fikom UMI yang terdiri dari Ulan Sari sebagai ketua dan empat anggota mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fimom) UMI, yaitu Nur Hikmah Cahyani HS, Diani Amalia Putri Ashari, Muh Nur Rifki Ahlul, dan Hendrawan, berhasil menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif selama acara berlangsung di Jl Arif Rahman Hakim No 68, Ujung Pandang Baru, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Rabu (25/6/2024).

Dosen Pembimbing PKM-PM UMI, St Hajrah Mansyur, menyatakan, Holofive Action merupakan upaya untuk mengkolaborasikan inovasi teknologi dengan kebutuhan pendidikan agama di sekolah dasar.

“Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran salat di sekolah kami, dan Holofive Action adalah wujud nyata dari komitmen tersebut,” ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan PKM ini, didanai Belmawa Kemendikbudristek dan UMI tahun 2024 dengan judul 'Inovasi Panduan Sholat Berbasis Hologram pada SDIT Raffasya sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas PAI di Kota Makassar Dalam Mewujudkan Program SDGs'.

Salah satu terobosan yang dihasilkan adalah aplikasi PyHogu, panduan salat berbasis android, serta Virtu Pray sebagai media pembelajaran interaktif berbasis mapping virtual hologram.

Kepala Yayasan SIT Raffasya, Makmur Ante Pasau, mengapresiasi upaya tim PKM-PM UMI dalam mengembangkan inovasi ini.

“Kami sangat berterima kasih atas dedikasi tim dalam membantu siswa kelas 1 memahami dengan lebih baik bacaan, gerakan, dan doa salat. Inovasi ini membuka perspektif baru dalam pendidikan agama di era digital,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDIT Raffasya, Syahrul Nizam, menambahkan, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan siswa dalam beribadah, tetapi juga semangat belajar mereka.

“Holofive Action memberikan pengalaman belajar yang menarik dan mendalam bagi siswa kami. Kami berharap inovasi seperti ini dapat terus dikembangkan dan diadopsi oleh lebih banyak sekolah di Kota Makassar,” katanya.

Holofive Action terdiri dari lima tahap yang menunjukkan keseriusan tim PKM-PM UMI dalam memberikan dampak positif yang nyata bagi pendidikan di Masyarakat, diantaranya:

  1. Tahap Holo Vision (24 April 2024), yaitu tahap awal, identifikasi masalah mitra
    untuk memahami permasalahan mitra secara mendalam dan mendapatkan
    wawasan yang dalam
  2. Tahap Holo Link (14 Mei 2024) merupakan tahap sosialisasi, menghubungkan dan memberdayakan mitra melalui tahapan ini untuk memperkuat ikatan dan kepercayaan
  3. Tahap Holo Boost (28 Mei, 03 Juni, 10 Juni 2024) adalah kegiatan pelatihan yang
    membantu meningkatkan keterampilan siswa dan guru secara menyenangkan
    dan intensif
  4. Tahap Holo Guide (18 Juni dan 25 Juni 2024), yaitu tahap pendampingan
    memberikan panduan dan dukungan aktif dalam perjalanan mitra untuk mencapai
    kesuksesan dalam penggunaan PyHogu sebagai apliaksi dan Virtu Pray sebagai
    media pembelajaran
  5. Tahap Holo Impact (26 Juni 2024) adalah tahap evaluasi yang mencerminkan
    tingkat keberhasilan dari kegiatan PKM-PM yang telah dilakukan.

Dengan kesuksesan Holofive Action ini, PKM-PM UMI tidak hanya membuktikan komitmennya dalam mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan agama, tetapi juga memberikan inspirasi bagi pengembangan pendidikan yang inklusif dan inovatif di masa depan. (Armansyah)

  • Bagikan