DPP IMMIM Gelar Diskusi Kupas Tuntas Problematika Ibadah Haji

  • Bagikan
Diskusi bertajuk "Problematika Ibadah Haji" yang digelar DPP IMMIM, di Gedung Islamic Center IMMIM, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis (27/6/2924).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - DPP IMMIM menggelar diskusi bertajuk "Problematika Ibadah Haji" di Gedung Islamic Center IMMIM, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis (27/6/2924).

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara antara lain Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H Muh Tonang, yang diwakili Kabid Haji dan Umrah Dr HM Iqbal, MA; Direktur Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H Abustani Ilyas dan Ketua Baznas Kota Makassar, Muh. Ashar Tamanggong.

Dalam kegiatan ini diurai berbagai problem haji diantaranya jatah haji yang ditambahkan pemerintah, travel yang memberangkatkan jamaah haji menggunakan visa ziarah hingga antrian haji di Indonesia yang membutuhkan waktu 35 tahun.

Kabid Haji dan Umrah Dr HM Iqbal, MA menjelaskan, saat ini kuota haji mencapai 241.000 jemaah dimana pada peraturan terbaru 50 persen diisi jamaah haji reguler dan 50 persen sisanya diisi jemaah haji khusus.

"Dari 221.000 ada kuota tambahan 20 ribu, hal tersebut sesuai dengan Perpres dan dalam penerapannya semuanya terisi full" ujarnya.

HM Iqbal melanjutkan, terkait travel yang memberangkatkan haji menggunakan visa ziarah, saat ini pihaknya bekerja sama dengan Polda Sulsel tengah melakukan pemeriksaan.

"Fokus pemerintah dalam hal mencari travel yang penyelenggaraan haji diluar visa haji karena kemarin ada beberapa warga khususnya Sulsel yang dijanjikan ibadah haji ternyata bukan menggunakan visa haji. Kami akan bekerja sama dengan Polda untuk menertibkan travel yang tidak mengikuti aturan ini," tegasnya.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat senantiasa mengikuti imbauan dari pemerintah dengan tidak menggunakan diluar visa haji untuk berhaji karena jelas tidak sesuai aturan.

"Mereka akan terkatung-katung disana dan tidak akan sampai di sana. Kami juga berharap pemerintah saudi tidak meloloskan jemaah yang tidak menggunakan visa haji saat masuk ke Arafah," tambahnya.

Direktur Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H Abustani Ilyas juga menjelaskan salah satu problematika jamaah haji saat ini adalah kondisi Mina yang sesak dan padat. Menurutnya ini
mengacu pada regulasi Arab Saudi

"Banyak regulasi dan peraturan pemerintah. Memang yang membatasi kita memang Mina yang sangat padat. Sekarang dalam pengembangan fikih sebab Nabi sudah menunjuk batasan Mina dan tidak akan melebar ke mana-mana. Hanya muat satu hingga dua juta orang. Bila Mina belum ada fatwa untuk ditingkatkan, permasalahan akan begitu terus," ungkapnya.

Ketua Baznas Kota Makassar, Muh. Ashar Tamanggong mengatakan problematika haji tidak akan pernah selesai selama haji masih dilaksanakan.

"Mudah-mudahan masalah haji terselesaikan jika semua sadar bahwa perlu melaksanakan haji legal dan melakukan manasik haji," pungkasnya

Guna meningkatkan kualitas manasik haji, DPP IMMIM dan Kementerian Agama Provinsi Sulsel, serta UIN Alauddin akan bekerjasama dalam membuat sertifikasi ibadah haji agar mubaligh yang dikoordinir bisa terupdate terkait informasi haji sehingga saat menyampaikan ke jemaah terupdate juga. (Hikmah/B)

  • Bagikan

Exit mobile version